Samsung Ingin Tiru Jaringan Memori Otak Manusia dalam Bentuk Chip

Kira-kira bisa tercapai enggak nih, Kawula Muda?

Ilustrasi otak manusia dalam bentuk 3D. (unsplash/averey)
Wed, 29 Sep 2021

Perusahaan teknologi kini terus berlomba menciptakan kecerdasan buatan yang mampu menyamai kemampuan otak manusia. Samsung, raksasa teknologi dari Korea Selatan, tampaknya menemukan ide untuk menciptakannya yaitu dengan menyalin tempel (copy-paste) otak itu sendiri.

Dengan menerapkan reverse-engineering pada otak, peneliti dari Samsung telah menemukan cara yang mungkin bisa meniru pemetaan jaringan neuron otak manusia ke dalam chip neuromorphic 3D. Data yang ditangkap dari proses penyalinan ini akan mampu merekam di mana satu neuron terhubung dengan yang lainnya dan juga kekuatan hubungannya.

Teknologi ini ika berhasil diterapkan dapat menciptakan fleksibilitas untuk memahami konsep yang baru dan beradaptasi dengan perubahan kondisi. Ini juga membuka peluang dalam menciptakan mesin yang memiliki kesadaran dan kecerdasannya sendiri.


Meskipun begitu, teknologi untuk menyalin fungsi data otak manusia tidak sesederhana itu. Otak manusia memiliki kurang lebih 100 miliar neuron dan synaptic links yang ribuan kali lebih banyak dari neuron. Jadi, chip neuromorphic itu sendiri memerlukan setidaknya 100 triliun unit memori, sebelum para peneliti bisa memikirkan caranya agar unit memori tersebut bisa berjalan dengan baik.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya