Selain Threads, Ini Deretan Fitur META yang Dianggap Meniru Aplikasi Lain

Kalau lo, udah coba aplikasi Threads belum?

Deretan Fitur META yang dianggap meniru aplikasi lain (UNSPLASH)
Thu, 06 Jul 2023

Baru-baru ini, perusahaan induk dari Facebook, WhatsApp, dan Instagram yakni META telah mengeluarkan sebuah aplikasi pengembangan dari Instagram, Threads.

Peluncuran tersebut malah dinilai mengikuti inovasi dari aplikasi pesaingnya yaitu Twitter. Pasalnya, Facebook sendiri telah dituduh menyalin fitur dari platform media sosial pesaing untuk Facebook dan Instagram, dengan CEO perusahaan Mark Zuckerberg tentang masalah pendapat antimonopoli pada Juli 2020 lalu.

Sampai-sampai kesuksesan Facebook disebut 'menyalin' aplikasi lain dan apakah bisa mempersulit platform baru lainnya.

Sepanjang hadirnya Facebook di bawah META, terdapat fitur-fitur baru sampai banyak menuai perdebatan di dunia teknologi dan sosial media.

Mengutip dari laman The Click Hub, Kamis (06/07/2023), berikut adalah beberapa fitur dan aplikasi META yang seperti meniru aplikasi lain, terbaru ada Threads yang mirip dengan Twitter.

1. Maret 2015 – Facebook meluncurkan 'On This Day'

Ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna melihat unggahan yang mereka buat bertahun-tahun yang lalu di hari yang sama. Fitur ini sama seperti aplikasi Timehop yang kala itu memiliki sekitar 6 juta pengguna harian.

Chief Operating Officer Timehop, Rick Webb, mengatakan bahwa Facebook menyalin fitur hingga ke detail terkecil seperti warna yang digunakan dan grafik bingkai foto yang mereka gunakan yang akhirnya memaksa Timehop untuk mengubah tampilan mereka.

2. Agustus 2016 – Instagram Stories di Instagram

Fitur selanjutnya adalah Instagram Stories. Fitur yang satu ini sangat mirip dengan fitur utama Snapchat yang memungkinkan pengguna mengunggah gambar dan video ke cerita mereka yang menghilang setelah 24 jam.

3. Oktober 2016 – Facebook Marketplace diimplementasikan

Di dalam Facebook, ada fitur Facebook Marketplace yang ternyata mirip dengan platform belanja seperti Gumtree.

4. April 2020 – Messenger Room

Di tengah pandemi Covid-19, Facebook meluncurkan fitur Messenger Room. Pada fitur ini menampilkan Messenger Room yang menyerupai seperti pesaing Zoom dan Houseparty.

Serupa dengan kedua aplikasi tersebut, Messenger Room menawarkan pesan video untuk sekelompok orang berkomunikasi.

5. Agustus 2020 – Reels di Instagram

Siapa yang sering menggunakan Reels di Instagram, nih Kawula Muda. Sebelum adanya fitur ini, ada aplikasi TikTok ini memungkinkan pengguna membuat video pendek dengan musik dan didistribusikan dengan luas. Serupa tapi tak sama, Reels hadir di Instagram format yang sangat mirip dengan video TikTok.

6. Juli 2023 – Threads Instagram

Threads adalah aplikasi terbaru besutan META hasil pengembangan dari aplikasi Instagram. Sosial media yang berbasis pesan dan gambar ini sangat mirip dengan pesaing Threads, yakni Twitter. 

Rilis pada 6 Juli 2023, Threads memiliki tampilan lini masa sampai beberapa ikon yang mengadaptasi dari Instagram seperti ikon like, comment, repost hingga share.

Itu dia beberapa fitur META yang dianggap 'meniru' dengan aplikasi lain.

Berita Lainnya