Mengenal Threads, Calon Aplikasi Baru Pesaing Twitter Buatan META

Lo mau beralih dari Twitter ke Threads?

Tangkapan Layar Aplikasi Threads dari META Pesaing Twitter (Twitter/alex193a)
Tue, 04 Jul 2023

META, perusahaan teknologi besutan Mark Zuckerberg dalam beberapa waktu terakhir sedang menembangkan aplikasi sosial media terbaru mereka yang digadang sebagai pesaing dari Twitter.

Aplikasi yang diberi nama Threads ini akan berada di bawah naungan aplikasi pendahulu di META, yaitu Instagram.

Meski belum diketahui secara pasti kapan akan rilis secara massal, seorang warganet sekaligus pengembang teknologi, Alessandro Paluzzi membagikan sekilas tampilan dari Threads yang serupa dengan Twitter.

Tangkapan Layar Aplikasi Threads dari META Pesaing Twitter (Twitter/alex193a)

 

Dari tangkapan layar yang dibagikan oleh Alessandro Paluzzi, Threads cukup mirip dengan Twitter hanya saja memiliki beberapa ikon yang mengadaptasi dari Instagram seperti ikon like, comment, repost hingga share.


Mengutip dari BBC melalui Media Indonesia, META dikabarkan akan meluncurkan Threads pada Kamis (6/7/2023) mendatang. Namun dalam pantauan tim redaksi Prambors (4/7/2023), aplikasi Threads dari META belum tersedia secara massal di App Store maupun Play Store.

Threads menjadi trending sejak Elon Musk memutuskan untuk membuat aturan baru bagi pengguna Twitter yang mana kini para pengguna hanya bisa melihat lini masa dengan konten terbatas. Banyak pengguna Twitter yang mencari aplikasi serupa dengan aturan yang tidak mengekang.

Elon mengatakan, akun terverifikasi pada awalnya dibatasi untuk membaca 6.000 konten sehari. Akun yang tidak diverifikasi akan dibatasi sampai 600 konten sehari. Sementara akun baru yang belum diverifikasi dibatasi sampai 300 konten.

Batasan membaca sementara kemudian ditingkatkan menjadi 10.000 konten per hari untuk pengguna terverifikasi. 1.000 unggahan per hari untuk tidak terverifikasi.

Lalu, 500 konten per hari untuk pengguna baru yang tidak terverifikasi. Elon Musk menginfokan ini dalam tweet terpisah tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sementara itu, pengembangan aplikasi Threads ini diduga sudah dimulai oleh META sejak Januari 2023 lalu dengan nama Project 92. 

Kawula Muda, jika Threads sudah rilis secara resmi, aplikasi tersebut bisa saja menjadi ancaman besar bagi pesaingnya, Twitter. Mengingat sebelumnya META sudah pernah beberapa kali mengadaptasi beberapa fitur dari sosial media lain seperti Instagram Stories yang diambil dari Snapchat dan Instagram Reels yang penggunaannya mirip dengan video di TikTok.

Lo mau beralih dari Twitter ke Threads?

Berita Lainnya