Sempat Alami Gangguan, Shopee Jadi Trending Topik di Twitter!

Shopee lo sempet error gak, Kauwla Muda?

Ilustrasi Shopee (UNSPLASH/Ompia)
Tue, 22 Mar 2022


Kata ‘Shopee’ sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter pada Selasa (22/03/2022) siang. Hal tersebut terkait dengan banyaknya keluhan pelanggan yang tidak dapat mengakses aplikasi e-commerce populer di Asia Tenggara tersebut sejak Selasa pagi.

Dengan lebih dari 131 ribu cuitan, beberapa keluhan pelanggan antara lagi ter-log out dengan sendirinya dan tidak dapat log in kembali, tidak dapat melakukan pembelian, hingga tidak dapat melihat status pesanan. 

Notifikasi shopee tengah mengalami gangguan (DOK. ISTIMEWA)

 

Adapun muncul notifikasi yang memberitahu Shopee tengah mengalami beberapa gangguan dan meminta pelanggan untuk melakukan refresh kembali. 

Gangguan tersebut pun telah dikonfirmasi oleh Shopee lewat media sosialnya. Tidak hanya terjadi di Indonesia, gangguan tersebut juga terjadi di berbagai negara, mulai dari Filipina, Singapura, hingga Malaysia.

 

“Mohon maaf, kami sedang melakukan pemeliharaan sistem. Tolong menunggu, ya…” tulis poster yang diunggah oleh pihak resmi Shopee Indonesia. 

Sementara itu, Shopee Malaysia menuliskan “Server kami sedang terguncang,” di media sosialnya. Saat ini, mereka mengonfirmasi tengah mencoba untuk kembali memulihkan server tersebut sehingga Shopee dapat kembali berjalan normal. Hal yang sama turut dituliskan oleh Shopee Filipina yang menulis tengah mengalami ‘kesulitan teknik’. 


Warganet pun turut menuliskan keluhan mereka di media sosial. Beberapa diantaranya mengkhawatirkan bayaran Shopee PayLater mereka yang jatuh tempo hari ini. Selain itu, ada pula pelanggan yang telah membayar pesanan menggunakan saldo ShopeePay, tetapi status pesanan masih berada di ‘belum terbayar’. 

Berita Lainnya