Tak Akan Boros Kuota, Begini Cara Atur Pemakaian Data di Google Meet

Kawula Muda, siapa yang sering banget pake Google Meet?

Ilustrasi aplikasi Google Meet. (Dok. GOOGLE)
Thu, 19 Aug 2021

Kawula Muda, sejak pandemi, tentunya pemakaian aplikasi telekonferensi seperti Google Meet semakin menjadi-jadi. Misalnya saja ketika mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), pastinya waktu yang dikeluarkan untuk mengikuti PJJ bisa berjam-jam.

Tak heran jika kuota kerap cepat habis lantaran aplikasi tersebut memerlukan koneksi yang sangat banyak untuk menampilkan suara dan video secara langsung.

Melansir KOMPAS.com, Google menyebut akan menggunakan kuota data sebanyak 2,6 GB per jam dalam pengaturan kualitas video HD (720p). Sementara itu, kualitas video SD (480p) hanya memakan kuota internet sejumlah 0,9 GB setiap jamnya.

Namun, sebenarnya, Google telah menyediakan pilihan untuk kamu yang ingin menghemat kuota, lho.

Kamu pun bisa menerapkan cara ini di aplikasi smartphone seperti di iOS dan Android, hingga pada browser PC maupun laptop. Berikut ini cara lengkap untuk hemat kuota di Google Meet:

Pengaturan hemat kuota pada aplikasi Google Meet. (Dok. KOMPAS)

 

Google Meet iOS dan Android

Sebelum menerapkan cara-cara yang akan saya jelaskan, perlu dicatat bahwa aturan ini hanya terdapat pada aplikasi Google Meet saja, bukan aplikasi yang telah tergabung dengan Gmail, ya.

  1. Tekan ikon tiga garis horizontal yang terdapat pada aplikasi Google Meet
  2. Klik "Settings" atau Pengaturan
  3. Geser toggle pada pilihan "Limit data usage" untuk mengaktifkan penghematan kuota internet
Cara host mengatur resolusi video pada sebuah telekonferensi. (Dok. TECHREPUBLIC)

 

Google Meet Desktop

Meskipun secara langsung Google Meet pada PC maupun laptop tidak menyediakan aturan seperti di iOS dan Android, tetapi kamu tetap bisa mengakalinya dengan mengatur kualitas video selama meeting atau PJJ berjalan.

  1. Pada saat kamu telah tergabung menjadi peserta dalam sebuah ruangan, klik tiga titik yang tersusun secara vertikal
  2. Pilih "Settings"
  3. Klik "Video" dan aturlah resolusi video kamu dan juga video yang kamu terima pada Send resolution (maximum) dan Receive resolution (maximum)

Jika kamu berperan sebagai host, tentunya kamu juga bisa mengatur resolusi video yang ditampilkan selama sesi telekonferensi ini berlangsung, lho.

  1. Buka menu Apps di Google Meet
  2. Kemudian, pilih opsi Google Workspace dan ketuk "Settings for Google Meet"
  3. Kamu akan diarahkan ke laman Meet video settings
  4. Pada sub-menu Default video quality, host bisa memilih "Limited video bandwidth" yang bisa membatasi kecepatan uplink menjadi 1 Mbps

Cukup mudah, ya, Kawula Muda?

Berita Lainnya