Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 12 2021

    5 Keseruan Naik Kereta Api Jarak Jauh, Solo Traveling atau Rombongan Sama Asiknya

    Kawula Muda, siapa nih yang kangen banget liburan?

    Kereta Api dengan pemandangan yang indah. (PIXABAY)

    Kawula Muda, setiap moda transportasi memang memiliki keseruan masing-masing. Misalnya saja jika kamu menggunakan bus yang dijuluki kendaraan sejuta umat, khususnya yang ekonomi, akan merasakan banyak sekali pengalaman seru. 

    Berinteraksi langsung dengan para penjual di dalam bus, menikmati musisi jalanan yang memiliki suara merdu, sampai dengan pengalaman harus berdiri saat penumpang penuh sesak.

    Lalu bagaimana dengan kereta api? Tentu tidak kalah seru dari bus, dong, Kawula Muda.

    Banyak sekali hal-hal menarik yang akan dirasakan oleh para penumpangnya. Tak hanya terus mengalami pembaruan dari pemerintah, membeli tiket kereta api juga makin mudah seiring berjalannya waktu.

    Apa saja keseruan lain yang bisa dinikmati saat naik kereta api? Yuk, simak ulasan berikut.

    1. Bisa Menikmati Pemandangan dengan Lebih Lama

    Kereta api memiliki jalur khusus yang melewati areal persawahan, hutan, pegunungan, hingga kota yang sibuk. Hal tersebut menjadi keseruan tersendiri bagi para penumpangnya. Areal persawahan yang menghijau atau menguning memberikan rasa tentram dan asri bagi yang melihatnya. Jauh dari hiruk pikuk kota yang kerap menyesakkan dada. 

    kereta apiKereta Api dengan pemandangan yang indah. (PIXABAY)

     

    Pun juga saat melewati hutan atau pegunungan, suasana akan jadi sangat sejuk, dipenuhi warna hijau yang membuat mata makin segar. Tidak jarang juga akan melihat berbagai aktivitas penduduk lokal, mulai dari bercocok tanam, memancing dan memandikan hewan ternak di kali.

    Bahkan ada beberapa orang yang rela membeli tiket dengan harga yang mahal untuk menikmati suasana tersebut. Naik kereta sampai stasiun yang dituju, lalu kembali lagi ke kota asal. Memang panorama yang dilihat dari dalam kereta betul-betul memberikan candu kepada penikmatnya.

    2. Suasana yang Nyaman Tanpa Pedagang Asongan

    Ada orang yang menikmati interaksi dengan para pedagang asongan, pun sebaliknya. Berita baik untuk kamu, karena kini kereta api telah melarang pedagang asongan untuk masuk ke dalam gerbong. Jadi, yang lalu lalang hanya petugas kereta api yang menjajakan berbagai camilan, makanan berat, dan juga minuman. Suasana kereta api tanpa adanya pedagang asongan ini juga membuat orang-orang merasa lebih nyaman dan aman. 

    Dahulu, para pedagang asongan bisa naik dan menjajakan dagangannya. Tidak jarang ada beberapa oknum pedagang asongan yang menjajakan dagangannya dengan sedikit memaksa. Bagi yang tidak enakan, tentu saja akan tekor nantinya. Namun sekarang sudah semakin nyaman. 

    Meski tidak ada pedagang asongan, banyak cara untuk tetap bisa jajan di dalam kereta. Selain beli dari petugas yang lewat, nanti juga bisa membeli makanan saat berada di stasiun saat kereta berhenti.  

    3. Tiket Kereta Api yang Murah

    blibli tiket kereta apiBlibli tawarkan promo menarik untuk tiket kereta api. (Dok. PRAMBORS)

    Murah dan mudah, itulah dua kata yang bisa mendeskripsikan pembelian tiket kereta api. Terlebih lagi jika kamu memesannya secara online di Blibli pastinya banyak sekali promo-promo menarik yang bisa kamu pakai. 

    Blibli merupakan sebuah e-commerce atau marketplace buatan Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2011. Ini merupakan sebuah produk besutan PT Global Digital Niaga yang menawarkan banyak sekali kebutuhan sehari-hari. Mulai dari barang elektronik, kecantikan, makanan, bahkan sampai dengan menawarkan penjualan tiket kereta api.

    Proses pembelian tiket kereta api di Blibli juga sangat mudah. Cukup buka aplikasi, kemudian pilih ‘Kereta’ dan isi informasi stasiun asal dan tujuan. Tak lupa juga untuk mengisi jumlah orang. 

    Selanjutnya kamu bisa memilih jadwal kereta api dan klik Pesan. Informasi pembayaran pun akan keluar dengan berbagai macam metode pembayaran yang ditawarkan. Jika kamu sudah berhasil membayarnya, e-ticket akan langsung dikirimkan melalui email.

    Kamu bisa langsung cetak tiket tersebut di stasiun. Sangat memudahkan sekali, bukan?

    4. Fasilitas Kereta Api yang Mumpuni

    kereta apiPemandangan indah dari dalam Kereta Api. (PIXABAY) 

    Fasilitas dalam kereta api saat ini juga sudah sangat memadai. Bahkan kelas ekonomi juga lebih dari cukup untuk membuat penumpang nyaman. Setiap gerbong dilengkapi AC, colokan untuk mengecas peralatan elektronik, LED informasi stasiun, serta toilet di setiap gerbong.

    Sementara bagi yang ingin mendapatkan selimut atau bantal, kamu juga bisa menyewa ke petugas kereta api. Biasanya mereka akan lalu lalang menawarkannya. Bawa bantal tidur sendiri? Tinggal tidur saja langsung di kereta api! Karena bisa dibilang kereta api ini lebih minim gerakan dibandingkan dengan bus.

    Sekarang ini, proses pengecekan tiket kereta api juga bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. kamu pun hanya perlu menunjukkan tiket di smartphone ke kondektur tanpa perlu melubangi tiket. Sudah sangat praktis, ya, sekarang ini.

    5. Bisa Berkenalan dengan Orang Baru

    Jika kamu adalah seorang extrovert, tak jarang kamu pun akan menemukan teman-teman baru yang juga suka melakukan solo traveling. Kamu pastinya akan memiliki waktu bersama yang cukup lama, untuk bercerita berbagai hal. Bisa jadi pertemuan itu akan berlanjut menjadi teman, atau bisa jadi ke jenjang lebih serius, ya?

    Mendapatkan teman baru di kereta, juga akan menghilangkan kejenuhan. Kamu bisa berbagi makanan bahkan jika memiliki hobi yang sama, tukar pengalaman pun bukan hal yang tak mungkin. Malahan, jika sama-sama menggemari game misalnya, bisa battle agar perjalanan jadi makin seru.

    Jadi, setelah PPKM Level 4 selesai, kota mana saja yang ingin kamu kunjungi selanjutnya, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT