Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 23 2022

    Apa Itu Sasaeng, Seorang yang Membuat Banyak Agensi Mengambil Langkah Hukum

    Mengerikan banget, Kawula Muda

    Ilustrasi Sasaeng dalam Drama Her Private Life (TvN)


    Ulang tahun Nayeon TWICE menjadi dibicarakan setelah hari spesialnya tersebut dikaitkan dengan sasaeng yang meresahkan dirinya.

    Melalui kabar yang menggemparkan tersebut, Warganet kemudian bertanya-tanya, apa itu sasaeng? Mengapa para pihak agensi sampai mengambil langkah hukum terhadap kasus sasaeng?

    Ilustrasi sasaengIlustrasi Sasaeng dalam Drama Her Private Life (TvN)

     

    Ternyata, kasus sasaeng di Korea Selatan dianggap serius karena dapat membahayakan nyawa, loh! Bahkan, tidak jarang para sasaeng mengidap kelainan mental yang membuat perilakunya menjadi meresahkan.

    Sasaeng dari kata sasaenghwal dalam bahasa Korea artinya adalah kehidupan pribadi seseorang.

    Istilah sasaeng berasal dari bahasa Korea “sa” yang berarti “pribadi” dan “saeng” berarti “kehidupan”. Jika digabungkan sasaeng berarti penggemar yang masuk ke dalam kehidupan pribadi selebriti. Mudahnya, sasaeng dapat disebut sebagai stalker!

    Dilansir Pinkvilla, sasaeng adalah penggemar yang memiliki obsesi untuk menguntit atau terlibat dalam perilaku lain yang melanggar privasi para selebriti, seperti idol Korea, aktor drama, atau tokoh masyarakat lainnya. 

    Istilah ini menjadi viral karena para pelaku sasaeng, terutama di Korea Selatan karena para pelaku kerap melakukan hal ekstrem, Kawula Muda. 

    Korea Selatan bahkan membuat suatu undang-undang tentang kejahatan menguntit, loh! Korea Selatan memang dikenal sangat menjaga privasi dan ranah pribadi setiap orang, Kawula Muda. Sehingga perilaku sasaeng tersebut dianggap sangat mengganggu dan tidak dapat dimaafkan.

    Para sasaeng tidak segan melakukan segala cara. Bahkan, tidak sedikit yang mengarah pada tindak kriminal demi mendapat perhatian dari sang idola. 

    Misalnya, mereka rela berkemah untuk dapat memotret segala sisi dari idolanya. Dalam kegiatan di luar negeri juga, sasaeng rela membeli tiket pesawat yang dekat dengan kursi sang idola, mengambil foto secara diam-diam, bahkan hingga menyelinap ke kamar hotel!

    Sasaeng juga mendapatkan data idola seperti nomor ponsel, email pribadi, dan alamat untuk mengetahui semua yang mereka lakukan. Nantinya, mereka akan saling bertukar data pribadi tersebut. 

    Diketahui, mereka juga memiliki sebuah komunitas ilegal untuk saling bertukar dan menjual informasi idol yang mereka sukai.

    Editor Team

    COMMENT