Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 23 2021

    Bersama Sejak 1993, Duo Legendaris asal Prancis, Daft Punk, Bubar!

    Kawula Muda, duo elektronik tersebut bubar setelah 28 tahun berkarya.

    Daft Punk, duo elektronik asal Prancis. (TWITTER)

    Daft Punk, salah satu grup paling berpengaruh dan populer yang muncul sejak 1993, tiba-tiba saja memberikan pengumuman yang mengejutkan. Duo elektronik asal Prancis tersebut mengisyaratkan bahwa mereka bubar melalui sebuah video berjudul Epilogue yang dirilis pada Senin (22/02/2021) di akun YouTube resmi Daft Punk.

    Video berdurasi kurang lebih 7 menit 58 detik tersebut memperlihatkan duo Thomas Bangalter dan Guy Manuel de Homem Christo tengah berjalan di padang pasir. Duo yang dikenal dengan konsep unik karena menggunakan helm futuristik dan jaket kulit ini, awalnya berjalan beriringan, hingga salah satu di antara mereka mulai berjalan melambat.

    Setelah beberapa saat, salah satu dari anggota menghampiri anggota yang telah tertinggal jauh. Ia lalu melepaskan jaketnya, lalu berbalik dan menunjukkan sebuah panel yang berada di punggungnya. Anggota yang lain lalu menekan tombol yang ada di dalam panel tersebut.

    Tak lama terdengar bunyi seperti penghitung mundur bom waktu. Anggota yang pertama lalu meninggalkan rekannya dengan cepat, hingga akhirnya bom yang berada di dalam tubuh rekannya tersebut meledak.

    Video kemudian diakhiri dengan gambar dua tangan Daft Punk yang membentuk segitiga dengan keterangan bertuliskan ”1993 – 2021”. Video itu pun langsung ramai menjadi perbincangan para fans Daft Punk.

    DAFT PUNKDaft Punk, dikenal memiliki ciri khas mengenakan helm futuristik seperti robot. (TWITTER)

     

    Melansir dari Variety, publisis Daft Punk, Kathryn Frazier, telah mengonfirmasi kabar tersebut dan mengatakan bahwa duo tersebut memang bubar. Namun, ia menolak untuk memberikan informasi lebih banyak.

    Walaupun telah dikonfirmasi, para penggemar masih berharap bahwa kabar tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebagian penggemar masih berharap bahwa Daft Punk hanya akan membuat karya baru, walaupun tidak lagi berdua.

    Duo legendaris

    Duo elektronik asal Prancis ini pertama kali bertemu pada pertengahan 1980-an di Paris. Mereka lalu membentuk band rock bernama Darlin pada 1992, bersama dengan rekan mereka yang lain, Laurent Brancowitz.

    Ketika Darlin merilis satu satu lagu untuk “Duophonic” milik label rekaman Stereolab, lagu tersebut langsung menuai kritikan. Melody Maker bahkan menyebut lagu tersebut sebagai “a daft punky trash”.

    Dari situlah kemudian Thomas dan Guy lalu menjadikan kutipan kalimat tersebut sebagai nama grup, Daft Punk, sementara Laurent memilih untuk meninggalkan grup. Keduanya juga memutuskan untuk fokus pada musik elektronik. Mereka lalu merilis single pertama pada 1994 berjudul The New Wave.

    Pada 1996, mereka merilis Da Funk yang langsung menjadi hit di Eropa. Bahkan album perdana yang mereka beri nama “Homework” dinilai sebagai salah satu rilisan musik elektronik terbaik pada 1990-an.

    DAFT PUNKDaft Punk salah satu musisi legendaris. (TWITTER)

     

    Awalnya, Daft Punk tidak menutupi wajah mereka dengan menggunakan helm yang menjadi ciri khas. Hingga pada saat merilis album “Discovery” pada 2001, mereka mulai memakai konsep misterius, menutupi wajah mereka dengan helm, dan mengenakan sarung tangan seperti robot.

    Selama 28 tahun berkarya di dunia musik, Daft Punk tidak terlalu banyak merilis album. Tercatat baru empat album yang mereka rilis yaitu “Homework” (1997), “Discovery” (2001), Human After All (2005), dan “Random Access Memories” (2013).

    Walaupun begitu, Daft Punk diketahui sebagai salah satu legenda musik karena berhasil mengenalkan style house music yang memberikan ciri khas Prancis. Bahkan pada 2014, album mereka yang berjudul “Random Access Memory” berhasil membawa pulang lima trofi sekaligus dari ajang Grammy Awards.

    So long Daft Punk!

    Editor Team

    COMMENT