Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 02 2021

    Chloe Zhao, Sutradara Perempuan Asia Pertama yang Menang Golden Globe Awards

    Kawula Muda, harus ikut bangga dong dengan prestasi ini.

    Sutradara asal China, Chloe Zhao. (INSTAGRAM/GOLDEN GLOBE AWARDS)

    Ajang penghargaan Golden Globe Awards 2021 melahirkan beberapa momen bersejarah. Salah satunya adalah kemenangan Chloe Zhao sebagai sutradara terbaik untuk kategori film drama.

    Sutradara asal Beijing, China, tersebut dinobatkan sebagai Best Director berkat film “Nomadland”. Pencapaian ini menandai sejarah baru, di mana Chloe menjadi sutradara perempuan Asia pertama yang berhasil memenangi Golden Globe Awards.

    "Saya speechless. Pada intinya, Nomadland bagi saya adalah ziarah melalui kesedihan dan penyembuhan. Jadi, kepada setiap orang yang telah melalui perjalanan sulit dan indah dalam hidup mereka, ini untuk kalian,” kata perempuan berusia 38 tahun itu dalam pidatonya.

    Selain penghargaan Sutradara Terbaik, Nomadland juga meraih penghargaan lain sebagai Best Motion Picture Drama (Film Drama Terbaik), mengalahkan film The Father, Mank, Promising Young Woman, dan The Trial of the Chicago 7.




    Dengan demikian, film yang dirilis pada September 2020 ini memenangi dua penghargaan dari empat nominasinya di Golden Globe Awards yang digelar Minggu (28/2/2021) malam waktu setempat atau Senin pagi WIB tersebut.

    Bukan hanya sebagai sutradara, Chloe juga terlibat sebagai produser untuk Nomadland. Jadi dengan kemenangaan film tersebut sebagai Best Motion Picture, maka secara otomatis Chloe juga menjadi produser perempuan Asia pertama yang memenangi Golden Globe Awards.

    Chloe adalah sutradara perempuan kedua yang memenangi Golden Globe, setelah kemenangan sutradara asal Amerika, Barbra Streisand, pada 1984 untuk film Yentl.

    Sebelum tahun ini, hanya ada lima sutradara perempuan yang pernah dinominasikan dalam sejarah Golden Globe yaitu Barbra Streisand untuk film Yentl (1984) dan The Prince of Tides (1991), Jane Campion untuk The Piano (1994), Sofia Coppola untuk Lost in Translation (2004), Kathryn Bigelow untuk The hurt Locker (2010) dan Zero Dark Thorty (2013), serta Ava DuVernay untuk Selma (2015).

    Selain Chloe, keturunan Asia lain yang pernah menang Golden Globe sebagai sutradara terbaik adalah Ang Lee. Pria berusia 66 tahun itu telah mengumpulkan dua penghargaan sebagai sutradara terbaik berkat film Chrouching Tiger, Hidden Dragon (2001) dan Brokeback Mountain (2005).

    Editor Team

    COMMENT