Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 04 2022

    Dibantu Desainer Mobil Justin Bieber, Atta Halilintar ‘Ciptakan’ Mobil Listrik Avanza Nan Futuristik

    Hai Kawula Muda, keren Atta Halilintar modif mobil Avanzanya jadi mobil listrik.

    Atta Halilintar konversi Avanza jadi mobil listrik futuristik. (INSTAGRAM/ATTA HALILINTAR)


    Ada yang menarik di pameran Indonesia Modification & Lifestyle Expo atau IMX 2022. Tak hanya memamerkan berbagai jenis dan merk mobil, IMX 2022 juga menyelenggarakan sebuah kompetisi yang bertajuk “Perang Bintang”.

    Kompetisi tersebut memperlombakan mobil modifikasi lima artis ternama Tanah Air, yakni Raffi Ahmad, Andre Taulany, Gading Marten, Uya Kuya, dan Atta Halilitar.

    Namun, dari semuanya, Avanza Atta yang paling banyak mendapat perhatian lantaran menjadi satu-satunya mobil konversi.

    Atta beranggapan, memodifikasi mobil mewah merupakan hal biasa dan tidak ada tantangan. Itulah mengapa, ia lebih memilih mobil ‘sejuta umat’ seperti Avanza dan mengubahnya menjadi kendaraan unik dengan konsep masa depan.

    “Kalau kayak mobil Audi, Ferrari, itu kan sudah biasa dimodifikasi. Tapi bagaimana bikin mobil sejuta umat, Avanza. Apalagi bukan Avanza baru. Ini Avanza tahun 2010,” ujar Atta Halilitar, Sabtu (1/10/2022).

    Desainer mobil Justin Bieber

    Atta juga menjelaskan, motor penggerak dan baterai kendaraan dipasang di ruang mesin. Pengerjaan terbilang singkat, yakni sekitar dua bulan dan desainnya dibantu oleh desainernya mobil Justin Bieber, West Cost Custom.

    Proyek modifikasi Avanza yang diberi nama Avanza The One Only tersebut ditangani Novian Hendra dan Tomi Airbrush.

    Body work dikerjakan Tomi Airbrush, pencahayaan oleh Yoong Motor, Decal Sticker oleh Max Decal, sistem audio oleh Venom Indonesia, air suspension oleh Airbft Indonesia, dan interior oleh Masterpiece Car Leather Seat.

    ATTA HALILINTARAtta Halilintar konversi Avanza jadi mobil listrik futuristik. (INSTAGRAM/ATTA HALILINTAR)

     

    Atta mengubah mobil ‘sejuta umat’ ini menjadi mobil mewah yang futuristik. Walaupun ciri khas Avanza masih bisa dirasakan terutama dari pilar-pilar, secara keseluruhan eksteriornya sudah banyak berubah, termasuk empat ban yang disembunyikan bodi. Perubahan pada seluruh bodi seakan menjadikannya bak mobil terbang dengan wajah futuristis.

    Mobil Avanza dirombak dari luar hingga ke dalam kabin, bahkan sampai membuang dapur pacu pembuang polusi lalu diganti dengan motor listrik jadi tanpa knalpot.

    Dengan bertabur cat berwarna perak, bentuk bodi juga mengalami perubahan termasuk pada area wajah dan lampu-lampu. Spion konvensional juga diganti menggunakan sistem kamera.

    Yang paling membuatnya terkesan mewah adalah pada bagian roda yang dibuat sembunyi ke dalam bodi seperti wheel spat. Lalu di bagian roda itu terdapat LED menyala bertuliskan logo AH (Atta Halilintar).

    Habiskan biaya Rp 200 juta

    Menurut Tomi Gunawan, pemilik bengkel Tomi Airbrush, Avanza listrik Atta Halilintar dibekali motor listrik berdaya 20 kW yang ditenagai baterai 80 Volt. Sekali pengisian daya, Avanza listrik itu bisa menempuh jarak maksimal 175 kilometer.

    "Kecepatan maksimalnya 80 sampai 100 km. Belum bisa sekencang mobil pabrikan, tapi minimal sudah bisa berjalan normal, semua oke enggak ada masalah. Kami pakai belum sampai lebih dari 80 km per jam, kalau mesinnya mungkin bisa sampai ke 100 km per jam," ujar Tomi.

    Baterai yang digunakan juga dirakit sendiri dengan waktu pengisian daya 6 jam menggunakan charger standar. Jarak tempuh mobil bisa ditingkatkan bila menggunakan lebih dari satu paket baterai.

    Biaya yang dikeluarkan masih terus dikalkulasi, namun proyeksinya sudah lebih dari Rp 200 juta.

    Selain Toyota Avanza milik Atta Halilintar modifikasi milik artis papan atas Tanah Air lainnya adalah Raffi Ahmad dan Andre Taulany yang memodifikasi mobil sedan BMW E30, Gading Marten dengan Audi R8, dan Uya Kuya dengan mobil sport Mazda MX-5 Miata 2000.

    Mereka memperebutkan Piala Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dengan total hadiah Rp 1 miliar dalam ajang Perang Bintang Black Stone Live Modz Challenge dalam IMX 2022.

    Kira-kira, mobil Atta bisa menang enggak, ya kawula muda?

    Editor Team

    COMMENT