Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 28 2020

    Ini Dia 5 Hantu Paling Seram di Korea Selatan!

    Kawula Muda, hal-hal ghaib dan mistis memang selalu membuat siapapun tertarik dan penasaran, ya!

    Republik Korea atau biasa dikenal sebagai Korea Selatan atau Korsel adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Korea Selatan berbataskan dengan Korea Utara

    Terlepas dari berhasilnya Korean Wave, hasil kolaborasi sistematis pemerintah dan pihak swasta dalam pengembangan industri kreatif Korea Selatan yang dipicu oleh krisis finansial 1997/98, negara tersebut memiliki segudang kisah hantu yang tak kalah menyeramkan dibanding negara lain.

    Di balik keseramannya, ternyata makhluk halus tersebut memiliki asal-usul yang kelam. Yuk, simak kisah mereka berikut ini!

    1. Gumiho atau rubah ekor 9

    gumihoGumiho di Drama My Girlfriend is Gumiho. (SBS)

     

    Gumiho adalah makhluk yang muncul dari cerita rakyat dan legenda Korea. Menurut cerita tersebut, rubah yang hidup ribuan tahun berubah menjadi gumiho, seperti kitsune Jepang dan huli jing Tiongkok.

    Tidak hanya menampakkan diri dengan berwujud menyeramkan, gumiho juga sering menampakkan wujudnya sebagai seorang wanita cantik yang menggoda para kaum pria.

    Salah satu yang menyeramkan dari kemunculan hantu ini adalah akan membuat korbannya mati dengan cara diambil hati maupun jantungnya yang kebanyakan adalah para kaum lelaki.

    2. Munshin atau dewa pintu

    munshinIlustrasi hantu asal Korea Selatan, Munshin.

     

    Di Indonesia, rumah angker acap kali ada teror hantu dengan barang–barang bergerak sendiri atau pintu yang terbuka dengan sendirinya. Di Korea, ada sesosok hantu yang dikabarkan menjadi dalang dari hal–hal tersebut, yaitu hantu munshin.

    Munshin sering juga disebut oleh orang Korea sebagai sosok dewa pintu. Hal ini disebabkan karena sosok munshin yang kerap kali menampakkan wujud di balik pintu secara mengejutkan.

    Hal ini membuat orang Korea sering melakukan ritual sesembahan, yang disebut cheukshinRitual ini bertujuan agar keberadaan hantu munshin ini tidak mengganggu manusia dan tidak menimbulkan kemalangan.

    3. Dalgyal gwishin atau hantu telur

    Dalgyal gwishin – Hantu telurDalgyal gwishin, hantu telur dari Korea Selatan. (DEMONSTRE)

     

    Hantu telur mengacu pada dalgyal guishin. Namanya berasal dari kemiripannya dengan telur. Ia tidak memiliki lengan, kaki, atau kepala, bahkan mata, hidung, dan mulut. 

    Digambarkan tanpa wajah, hantu telur dipercaya sebagai manusia yang tidak memiliki anak pada saat masih hidup. Tanpa keturunan yang melakukan upacara penghormatan, mereka hidup di alam akhirat sebagai roh malang yang dikutuk.

    Mereka akan muncul dan membunuh manusia yang melihatnya dengan cara memerah kehidupan mereka.

    4. Cheukshin atau hantu kamar mandi


    CheukshinCheukshin, hantu kamar mandi di Korea Selatan. (KDMAGAZINE)

     

    Cheukshin merupakan hantu kamar mandi yang berada di Korea. Hantu ini menyerupai sosok wanita yang memiliki wajah menyeramkan dengan rambut panjang terurai.

    Ia sering berada di toilet umun yang berada di mal atau di restoran di Korea Selatan. Konon, hantu ini tidak segan–segan untuk mengganggu atau mencelakai orang yang bertindak tidak wajar ketika berada di kamar mandi, seperti mengotori kamar mandi, dan lainnya.

    5. Mul Gwishin atau hantu air

    Mul gwishin – Hantu airMul gwishin, hantu air dari Korea Selatan. (ELEMENTS ATENEO)

     

    Mul Gwishin merupakan legenda hantu air yang biasanya muncul di dekat danau, laut, bahkan dalam bak mandi. Mereka sering menampakkan diri dengan pakaian yang selalu basah dan digambarkan memiliki lengan yang sangat panjang.

    Hantu ini dipercaya telah mati dengan cara tenggelam. Karena terbelenggu dalam trauma kematian, roh orang ini tidak menyadari bahwa dia sudah mati dan akhirnya mengejar perenang lain untuk meminta bantuan atau sekadar menemani mereka berenang.

    Kadang, hantu air digambarkan sebagai sosok berambut hitam dan panjang, serta tangan yang suka menarik kaki perenang.

    Nah, itu dia lima hantu terseram dari Korea Selatan. Menurut kalian, mana yang paling menyeramkan?

    COMMENT