Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 21 2021

    Inspiratif! Ini 4 Rekomendasi Film tentang Perempuan Indonesia yang Dapat Ditonton saat Hari Kartini

    Kawula Muda! Memperingati hari Kartini nggak harus dilakukan dengan mengenakan kebaya, loh. Kamu juga bisa nonton film-film tentang perempuan Indonesia saat Hari Kartini!

    Film "Kartini" (2017) yang dapat ditonton ketika memperingati hari Kartini. (Youtube/Legacy Pictures)

    Pada 21 April setiap tahunnya, masyarakat Indonesia memperingati hari Kartini. Hari Kartini merupakan waktu untuk mengenang jasa R.A. Kartini, pahlawan yang telah berjuang mewujudkan kesetaraan hak antara laki-laki dan perempuan.

    Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperingati hari Kartini. Salah satunya adalah dengan menonton film perjuangan perempuan Indonesia. Berikut Prambors berikan empat rekomendasi film tentang Perempuan Indonesia yang dapat kamu tonton saat hari Kartini.

    1. Kartini (2017)

    Diambil dari kisah nyata dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo, Kartini (2017) menjadi film yang cocok ditonton ketika memperingati hari Kartini pada 21 April ini. Kartini berkisah tentang perjuangan R.A. Kartini (Dian Sastrowardoyo) dalam mewujudukan kesetaraan hak bagi semua orang, termasuk hak pendidikan bagi kaum perempuan. Dalam merealisasikan tujuannya, R.A. Kartini dibantu dua saudaranya Roekmini dan Kardinah kemudian mendirikan sekolah bagi kaum miskin serta membangun lapangan pekerjaan bagi rakyat Jepara dan sekitarnya.


    2. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

    Masih disutradarai oleh Hanung Bramantyo, Perempuan Berkaling Sorban (2009) mengangkat soal tradisi konservatif yang diterapkan pada perempuan Indonesia. Mengambil latar belakang di salah satu pesantren Jawa Timur, film ini memberi gambaran terkait standar yang ditetapkan pada perempuan untuk selalu tunduk pada laki-laki. Anissa, tokoh utama yang diperankan oleh Revalina S. Temat, bahkan sempat beranggapan bahwa ajaran Islam hanya berpihak pada kaum laki-laki dan menempatkan perempuan di posisi yang lebih rendah. Sayangnya, protes Anissa dianggap rengekan belaka. Meski demikian, Anissa tetap berjuang membela hak-hak perempuan muslim di tengah keluarga pesantren yang konservatif.


    3. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

    Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014) merupakan film yang diadaptasi dari novel biografi karya motivator Indonesia bernama Merry Riana. Dibintangi oleh Chelsea Islan dan Dion Wiyoko, film ini mengisahkan perjuangan seorang perempuan bernama Merry untuk bertahan hidup di negara tetangga, Singapura. Dengan kondisi keuangan yang terbatas, cita-cita Merry untuk berkuliah dan menjadi sukses nampak mustahil. Akan tetapi berkat kegigihannya, Merry Riana berhasil meraih satu juta dolar pertamanya di Singapura saat berusia 26 tahun.


    4. 3 Srikandi (2016)

    Mirip dengan Merry Riana, film 3 Srikandi (2016) mengisahkan perjuangan tokoh utama wanita untuk meraih keberhasilan dalam hal yang dikerjakan. Diperankan oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro, 3 Srikandi merupakan representasi perjuangan tiga atlet wanita Indonesia yang ingin merebut emas di cabang olahraga panahan dalam olimpiade musim panas 1988 di Seoul, Korea Selatan. Ketiga atlet tersebut berada di bawah asuhan pelatih bernama Donald Pandiangan (Reza Rahadian) yang terkenal militan dan disiplin. Masa-masa latihan menjadi periode yang keras bagi ketiga atlet. Tak jarang timbul perselisihan dan perseteruan di antara mereka. Namun, setelah meneguhkan semangat dan mempersiapkan diri, ketiganya siap bertempur di lapangan olimpiade.


    Itu dia empat rekomendasi film tentang perempuan Indonesia yang dapat kamu tonton untuk memperingati hari Kartini. Dari antara film-film tersebut, ada film favoritmu, nggak?

    Editor Team

    COMMENT