Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 27 2020

    Jadi Bahan Perdebatan Penggemar, SNSD Trending Twitter

    Kawula Muda, berawal dari ucapan pimpinan tertinggi SM Entertainment tentang go international, nama SNSD menjadi trending twitter.

    Girls Generation atau yang dikenal juga SNSD, girlgroup besutan SM Entertainment. (INSTAGRAM/TAEYEON)

    Nama SNSD menduduki puncak trending Twitter pada hari ini, Jumat (26/11/2020)!

    Hal ini berawal dari ucapan founder SM Entertainmen, Lee Soo Man, ketika tampil dalam program reality show milik solois BoA yang berjudul Nobody Talks to BoA.

    Dalam episode itu, keduanya bercerita tentang kilas balik karier BoA serta kesuksesan K-Pop hingga menembus pasar musik internasional.

    Saat itu, Lee Soo Man sempat menyebutkan bahwa BoA pernah mendapat julukan sebagai “Ratu K-Pop”. Soo Man dan BoA juga berbicara mengenai debut penyanyi berusia 34 tahun tersebut di Jepang pada 2000 dan Amerika Serikat pada 2008.

    BoA pun menanyakan kepada Soo Man, apakah ia terlalu cepat melakukan debut di Amerika Serikat? Soo Man pun mengiyakan pertanyakan BoA.

    Ia juga menyebutkan bahwa berkat BoA, grup perempuan di bawah SM Entertainment, Girls Generation atau yang dikenal juga dengan sebutan SNSD, bisa melakukan debut di Amerika.

    “Sekarang kita melihat di Billboard bisa nomor satu. Berkat kamu yang pergi ke sana lebih awal, ada banyak artis yang bisa promosi di sana,” ujar Lee Soo Man.

    Ucapan inilah yang kemudian direspons negatif oleh penggemar BTS. Menurut mereka, perkataan Lee Soo Man seakan tidak mengakui kesuksesan BTS di dunia internasional.

    “Bagaimana mungkin dia mengabaikan yang dilakukan BTS setelah xenophobia dan prasangka yang mereka (BTS) harus hadapi di Barat untuk membuat K-Pop populer?” tulis sebuah akun bernama @vantedoll.

    Cuitan ini pun mendapatkan banyak respons dari penggemar K-Pop. Tak sedikit yang merasa bingung, karena Lee Soo Man hanya berbagi cerita mengenai SNSD dan berterima kasih kepada BoA karena sudah membuka jalan sehingga K-Pop bisa dikenal hingga luar Korea.

    SNSDPerayaan ulang tahun Tiffany, sekaligus perayaan anniversary SNSD ke-13. (INSTAGRAM/SUNNY)

     

    Sebagian penggemar juga merasa heran karena ternyata banyak penggemar K-Pop yang tidak mengetahui BoA serta SNSD. Padahal dari beberapa wawancara, BTS pernah menyebutkan bahwa mereka sangat menghormati dan mengagumi senior mereka di Korea.

    Bahkan pada saat awal kemunculan, BTS sempat menyebut nama Girls Generation atau SNSD sebagai grup yang paling mereka inginkan untuk bertemu.

    Merasa tak terima, para penggemar SNSD pun memberikan sederet bukti tentang prestasi dan pengaruh girlgroup tersebut di industri musik. Menurut bukti yang mereka berikan, SNSD pernah disebut oleh media besar Billboard sebagai girlgroup terbesar dan terbaik di dunia, bahkan lebih besar dari Spice Girls.

    Penggemar lain membuktikan bahwa SNSD pernah juga disebut oleh media CNN sebagai fenomena nasional di Korea Selatan. Bahkan menurut CNN, SNSD adalah Spice Girls versi Asia.

    Perdebatan inilah yang kemudian menjadi alasan nama SNSD menduduki puncak trending Twitter hari ini.

    SNSD dibentuk sejak 2007 dan langsung mendapatkan popularitas cukup besar, tidak hanya di Korea Selatan tetapi juga dunia.

    Grup yang mendapat julukan sebagai The Nations Singers dan The Nation’s Girl Group ini memberikan pengaruh yang cukup besar di dunia musik K-Pop. Asia Today menempatkan mereka di peringkat ke-44 dalam daftar 50 Korean Power Leaders pada 2011.

    Bahkan Forbes menyebut grup SNSD sebagai Most Powerful Entertainers di Korea Selatan pada 2011. SNSD juga pernah membawakan lagu The Boys di Madison Square Garden, Amerika Serikat pada Oktober 2011.

    Tak jauh berbeda dari SNSD, BoA sudah melakukan debutnya sejak 2000. Penyanyi kelahiran Gyeonggi, Korea Selatan, pada 5 November 1986 ini pernah melakukan kolaborasi dengan Westlife dan juga Howie Dorough dari grup Backstreet Boys.

    Ia sudah berada di bawah label SM Entertainment USA dan merilis album bahasa Inggris pertama yang berjudul “BoA” pada 17 Maret 2009. BoA juga pernah tampil di Amerika Serikat dengan single berjudul Eat You Up.

    Editor Team

    COMMENT