Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 17 2020

    Jelang Debut, Teaser Video Musik “Black Mamba” aespa Dituding Plagiat!

    Kawula Muda, baru saja merilis teaser video musik untuk debut, Black Mamba, aespa langsung dihantam isu plagiarisme!

    Foto grup aespa bersama avatar mereka. (TWITTER/AESPA)

    SM Entertainment kembali dihantam isu plagiarisme usai merilis teaser MV untuk debut girlgroup rookie aespa yang bertajuk Black Mamba.

    Tudingan plagiat tersebut muncul setelah aespa merilis teaser video musik untuk Black Mamba pada Minggu (15/11/2020).

    Tak lama setelah teaser MV tersebut dirilis, fans K-Pop langsung membandingkan video tersebut dengan salah satu video musik milik girlgroup virtual League of Legends, K/DA, yang bertajuk POP/STARS.

    Netizen menganggap banyak sekali kemiripan yang terdapat di kedua video musik tersebut. Mulai dari lokasi pengambilan gambar yang sama-sama dilakukan di sebuah gerbong kereta, adegan cat semprot, papan pengumuman yang terdapat di gerbong kereta, hingga bentuk grafis animasi dari sosok monster yang muncul di dalam video Black Mamba sangat mirip dengan bentuk animasi monster yang terdapat di video musik POP/STARS.

    Netizen pun ramai memberikan komentar.

    “Bukankah SM Entertainment adalah agensi besar? Apa kekurangan kreativitas...Ini mengejutkan.”

    “Apa yang salah dengan mereka...”

    “Apa mereka bercanda, dari AVATAR sampai MV, semuanya tumpang tindih. Bagaimana mereka terus bersikeras bahwa mereka tidak menjiplak? Terlalu banyak kesamaan.”

    “Apakah mereka cover group  K/DA yang baru?”

    Ini bukan pertama kalinya aespa menghadapi isu tentang plagiarisme. Sejak adanya konsep avatar member di aespa, grup tersebut dianggap telah meniru konsep dari grup K/DA.

    Isu plagiarisme yang dilakukan SM Entertainment untuk aespa terus berkembang, ketika seorang seniman grafis asal Jerman bernama Timo Helgert, yang mempertanyakan kemiripan karyanya di video musik Black Mamba.

    Dalam postingan di Instagram Story, ia menulis, “Aku mendapatkan banyak pesan. Mereka tidak meminta izin dariku dan aku tidak mengerjakannya. Sepertinya mereka menjiplaknya.”

    Tak lupa ia menyertakan dua video grafis yang merupakan hasil karyanya, yaitu sebuah gerbong kereta yang dipenuhi dengan bunga, serta video grafis ular yang melintasi sebuah gerbong kereta.

    TIMO HELGERTTangkapan layar Instagram Story seniman grafis asal Jerman, Timo Helgert. (KOREABOO)

     

    Dua video inilah yang dianggap netizen serta Timo memiliki kemiripan dengan beberapa adegan di video musik Black Mamba.

    Hingga saat ini, netizen menunggu penjelasan dari pihak SM Entertainment mengenai isu plagiarisme di aespa.

    Hanya dalam hitungan jam aespa akan melakukan debut yang sudah ditunggu oleh para penggemarnya. Hari ini, Selasa (17/11/2020), aespa akan melakukan debut pada pukul 18.00 KST atau 16.00 WIB.

    Editor Team

    COMMENT