Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 22 2021

    Kata Aurora soal Video Musik “Runaway” yang Jadi Inspirasi Billie Eilish sebagai Musisi

    Kawula Muda, kalian tahu lagu Runaway juga kan?

    Penyanyi Norwegia, Aurora. (INSTAGRAM/AURORA)

    Billie Eilish telah meraih kesuksesan gemilang dalam dunia musik di usianya yang cukup belia. Di balik kesuksesannya tersebut, ada satu artis yang menginspirasi Billie untuk menjadi penyanyi dengan ciri khasnya seperti saat ini, yaitu musisi asal Norwegia, Aurora.

    Dalam wawancaranya bersama Vanity Vair pada 2019, Billie mengungkap bahwa inspirasinya itu datang setelah ia menonton video musik Runaway milik Aurora, ketika masih berusia sekitar 12 tahun.  Kisah di balik lagu dan video musik itulah yang menjadi sumber inspirasi baginya

    Meski baru viral di TikTok dan menaiki tangga lagu akhir-akhir ini, sebenarnya Runaway telah dirilis sejak 2015.

    “Aku menemukan banyak inspirasi melalui visual. Ketika berumur 12 tahun, aku melihat video musik Aurora berjudul Runaway. Ada sesuatu yang ada di dalam diriku merasa klik, seperti itulah yang aku ingin lakukan, tidak peduli apakah apa yang aku lakukan akan berhasil atau tidak,” ujar Billie dalam wawancara tersebut.

    Lalu bagaimana tanggapan Aurora tentang pengakuan Billie Eilish tersebut?

    “Menurutku dunia membutuhkan lebih banyak seniman yang hanya mau melakukan apa yang mereka inginkan,” kata Aurora pada Mei 2019, mengutip NME.

    “Billie menggunakan suaranya dengan cara yang keren. Aku akan lebih banyak mendengarkannya, karena dia pasti melakukan sesuatu dengan benar. Dunia sepertinya sedang memujanya saat ini karena dia sangat keren," kata penyanyi berusia 24 tahun itu.

    Selain itu, Aurora juga membahas tentang penulisan Runaway. Musisi yang mengawali karier musiknya pada 2012 itu menulis lagu tersebut saat berusia sekitar 11 tahun.

    “Aku menulis Runaway ketika berusia sekitar 11 tahun. Ini cukup lucu karena ketika aku semakin tua, itu justru semakin masuk akal bagiku. Lagu itu membuat hatiku tersentuh dan mengingatkanku pada hal-hal yang terjadi setelah aku menulisnya. Lagu ini seperti hadiah bagi diriku sendiri,” ujar perempuan bernama lengkap Aurora Aksnes itu.

    Berbicara soal video musik untuk single tersebut, Aurora bercerita bahwa proses pembuatannya dilakukan ketika cuaca sedang sangat dingin dan dia terpaksa memaksa lipstik untuk syuting, padahal ia tidak suka memakainya.

    "(Cuaca) saat itu sangat dingin. Aku tidak punya banyak pakaian. Dan aku harus memakai lipstik untuk syuting. Itu membuatku marah karena rasanya aneh,” kenangnya.

    Video musik Runaway berdampak sangat besar bagi Billie Eilish. Jika tidak menonton video itu, Billie tidak akan pernah menjadi penyanyi seperti saat ini.

    Meski begitu, karya tersebut tidak terlalu mendapat tanggapan baik di negara tempat tinggal Billie, Amerika Serikat, sebelum 2021.

    Faktanya, satu-satunya lagu Aurora yang masuk tangga lagu AS sebelum itu adalah Into the Unknown yang merupakan original song untuk film Frozen II. Lagu yang juga menampilkan Idina Menzel itu mencapai peringkat ke-46 di tangga lagu Billboard Hot 100 pada 2019.

    Namun, album induk dari single Runaway yaitu “All My Demons Greeting Me as a Friend”, memiliki nasib lebih baik dengan menempati posisi ke-150 di tangga album Billboard 200 selama seminggu.

    Enam tahun lebih sejak pertama kali rilis, Runaway baru menembus tangga lagu Billboard dengan debut di peringkat ke-175 Billboard Global Exclusive US edisi 10 April 2021.

    Editor Team

    COMMENT