Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 08 2020

    Mitologi dan Cerita Rakyat yang Menginspirasi Drama Korea

    Kawula Muda, mulai dari goblin sampai gumiho, ini dia beberapa mitologi Korea yang sering menjadi ide cerita drama.

    Malaikat maut, rubah berekor sembilan, hingga goblin, mitologi Korea yang menginspirasi K-Drama. (INSTAGRAM)

    Hal-hal yang berhubungan dengan gaib atau supernatural menjadi salah satu genre yang saat ini sangat disukai oleh para pencinta drama Korea. Bahkan, tak sedikit drama Korea yang terinspirasi dari cerita rakyat berbau supernatural.

    Beberapa karakter dalam cerita juga berasal dari mitologi ataupun cerita rakyat yang banyak beredar di masyarakat Korea. Berikut adalah beberapa mitologi atau legenda urban yang pernah menginspirasi cerita drama Korea.

    Goblin (dokkaebi)

    GOBLINGong Yoo ketika berperan sebagai goblin di drama "Guardian the Lonely and Great God". (INSTAGRAM/GOBLIN TVN)

     

    Bagi penggemar drama Korea, sosok goblin atau dokkaebi mungkin tak asing lagi. Goblin menjadi ide cerita dari drama populer dengan judul Guardian  The Lonely and Great God alias Goblin, yang dibintangi oleh Gong Yoo, Lee Dong Wook, dan Kim Go Eun.

    Goblin atau dokkaebi adalah salah satu wujud paling populer dari mitologi Korea. Goblin mungkin tampak seperti dewa, tetapi mereka tidak berkuasa.

    Dokkaebi dikenal memiliki banyak kemampuan. Menurut sebuah catatan dari sebuah karya abad ke-15 yang berjudul Seokbo Sangjeol, dokkaebi dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan, kesehatan, dan umur panjang.

    Dokkaebi berasal dari gabungan kata tot yang berarti laki-laki dewasa, dan abi yang berarti api atau benih.

    Oleh karena itu, dokkaebi memiliki arti sebagai dewa laki-laki yang mampu menciptakan kekayaan besar. Hal ini terlihat pada saat Gong Yoo memerankan Goblin. Dia mampu membuat emas batangan dalam sekejap.

    Malaikat maut (jeoseung saja)

    MALAIKAT MAUTLee Dong Wook memerankan sosok malaikat maut dalam drama "Guardian the Lonely and Great God". (INSTAGRAM/GOBLIN TVN)

     

    Masih dari drama Goblin, di mana Lee Dong Wook memerankan sosok malaikat maut tampan. Dalam cerita, malaikat maut harus menerima hukuman karena telah melakukan kejahatan yang mengerikan, tetapi tidak dapat mengingat perbuatannya.

    Selain drama Goblin, cerita tentang malaikat maut juga pernah menginspirasi drama lain seperti Arang and the Magistrate, Black, 49 Days, serta Mystic Pop-Up Bar.

    Jeosung saja alias malaikat maut dalam mitologi Korea adalah pembawa pesan dari akhirat, dan membimbing orang yang telah meninggal dunia menuju alam baka.

    Menurut legenda urban Korea, malaikat maut diceritakan kerap mengenakan hanbok hitam lengkap dengan topi tradisional Korea yang disebut gat.

    Jadi melihat penampilan Lee Dong Wook di Goblin dengan mantel hitam panjang dan topi lebar, cukup dibilang mirip untuk menggambarkan sosok malaikat maut.

    Hantu gadis perawan (cheonyeo gwisin)

    HANTU PERAWANHantu gadis perawan atau cheonyeo gwisin yang menginspirasi cerita drama "Oh My Ghost". (ALLKPOP)

     

    Dalam cerita rakyat Korea, hantu gadis perawan atau cheonyeo gwisin diceritakan sebagai wanita yang belum menikah, dan semasa hidupnya mengalami kesulitan serta menyimpan dendam.

    Karena itulah arwahnya menjadi tidak tenang dan terjebak di alam fana. Cerita ini sebenarnya hanya sebuah mitos yang bertujuan untuk menakuti para wanita agar segera menikah.

    Hantu gadis perawan biasanya mengenakan pakaian berkabung tradisional berwarna putih, dan membiarkan rambutnya tergerai berantakan.

    Namun, dalam sebuah drama Korea, hantu gadis perawan tidak lagi tampil menakutkan. Seperti yang terlihat dalam drama Oh My Ghost, hantu gadis perawan justru tampil lucu, dan berkeliaran di dunia karena ingin mencari cinta sejati.

    Rubah berekor sembilan (gumiho)

    RUBAH EKOR SEMBILANRubah berekor sembilan atau disebut gumiho telah menginspirasi beberapa drama antara lain, "My Girlfriend is a Gumiho". ( ALLKPOP)

     

    Rubah berekor sembilan atau disebut gumiho telah menginspirasi beberapa drama antara lain, My Girlfriend is a Gumiho, Grudge: The Revolt of Gumiho, serta drama terbaru yang akan segera tayang, Tale of The Nine Tailed.

    Dalam mitologi Korea, ketika rubah hidup lebih dari 1.000 tahun, dia berubah menjadi roh yang dapat berubah bentuk. Biasanya mereka berubah menjadi wanita cantik yang memikat pria, untuk menuju kematian mereka.

    Untuk bisa merubah diri, gumiho harus pantang memakan daging manusia selama seribu hari. Gumiho juga tidak boleh menunjukan bentuk aslinya kepada manusia, tidak mengambil nyawa manusia ataupun hewan, dan membantu siapa pun yang membutuhkan.

    Jika mereka tidak melakukan persyaratan tersebut, maka gumiho akan kehilangan kesempatan untuk menjadi manusia dan berubah menjadi iblis selama seribu tahun.

    Berbeda dari mitologi Korea, gumiho dalam drama terbaru Tale of The Nine Tailed justru berwujud laki-laki tampan yang diperankan oleh Lee Dong Wook.

    Wah, jadi makin enggak sabar ya buat melihat akting oppa Lee Dong Wook jadi sosok rubah berekor sembilan alias gumiho!

    Tale of The Nine Tailed akan mulai tayang pada 7 Oktober 2020, pukul 22.30 KST. Lihat trailer-nya di bawah ini yuk!


    Editor Team

    COMMENT