Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 01 2022

    Rekomendasi Film Horor Joko Anwar Wajib Ditonton sebelum Pengabdi Setan 2!

    Kawula Muda suka filmnya Joko Anwar yang mana?

    Sutradara kenamaan Indonesia, Joko Anwar. (INSTAGRAM/JOKO ANWAR)


    Nama Joko Anwar (Jokan) kian melambung setelah film-filmnya mejeng di daftar film lokal yang punya kualitas terbaik. Film Pengabdi Setan misalnya, sempat jadi film horor paling laris di Indonesia selama beberapa tahun.

    Kepiawaian Jokan dalam meracik sebuah film tampaknya tidak diragukan lagi, pria yang kini berusia 46 tahun tersebut seakan menahbiskan diri sebagai sutradara terbaik spesialis film horor. Film superhero Gundala bahkan jadi kental dengan nuansa horornya.

    Nah Kawula Muda, berikut daftar film horor Joko Anwar selain Pengabdi Setan:

    Perempuan Tanah Jahanam (2019)

    perempuan tanah jahanamFilm Joko Anwar, 'Perempuan Tanah Jahanam'. (INSTAGRAM/jokoanwar)

    Maya yang diperankan oleh Tara Basro sedang mengalami masa sulit di kota, Maya ditemani Dini (Marissa Anita) mencoba untuk pergi ke kampung halaman Maya dengan harapan bisa mendapatkan harta warisan orang tuanya.

    Setibanya di kampung tempat keluarga Maya tinggal dahulu, mereka mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari para warga. Maya dan Dini mendapatkan banyak pengalaman aneh serta teror-teror dari warga sekitar.

    Film ini mendapat apresiasi dari dunia internasional, Perempuan Tanah Jahanam (PTJ) bahkan sempat diputar pada Festival Film Rotterdam dan Sundance. PTJ juga berhasil memboyong 6 Piala Citra dalam FFI 2020.

    Pintu Terlarang (2009)

    Pintu TerlarangPintu Terlarang (IMDb)

    Pintu Terlarang jadi salah satu film Joko Anwar yang memiliki alur cerita yang sulit ditebak. Menampilkan nama-nama besar macam Fachry Albar dan Marsha Timothy, Pintu Terlarang diadaptasi dari Novel dengan judul yang sama, karangan Sekar Ayu Asmara.

    Film yang menceritakan perjalanan Gambir (Fachry Albar), seorang seniman patung yang sukses dan terkenal melalui patung ibu hamil buatannya. Talyda (Marsha Timothy) memiliki peranan penting atas kesuksesan yang diraih oleh suaminya.

    Sebuah pesan misterius seorang anak laki-laki yang meminta pertolongan mengubah hidup Gambir. Serangkaian teror mengerikan mengganggu pikiran Gambir. Misteri juga terlihat dari sosok Talyda yang melarang suaminya untuk membuka pintu misterius yang berada di kediamannya.

    Pintu Terlarang berhasil meraih penghargaan Internasional sebagai 'Best Film' di Puchon International Fantastic Film Festival 2009.

    Ratu Ilmu Hitam (2019)

    Ratu Ilmu HitamRatu Ilmu Hitam (Dok. Rapi Film)

    Dalam film ini, Joko Anwar berperan sebagai penulis skenario, film tersebut merupakan remake dari film lama dengan judul serupa, yakni 'Ratu Ilmu Hitam' (1981) yang diperankan oleh aktris legendaris mendiang Suzzanna.

    Menceritakan seorang pria bernama Hanif (Ario Bayu) yang mengunjungi panti asuhan tempatnya tinggal dulu bersama keluarganya. Saat kunjungan tersebut dilakukan, berbagai kejadian-kejadian aneh dan mengerikan terjadi.

    Penampakan Ibu Mirah cukup mencekam kemunculannya, perempuan pincang penjaga panti yang meninggal di panti itu disebut-sebut sebagai Ratu Ilmu Hitam.

    Ratu Ilmu Hitam berhasil menyabet penghargaan Midnight X-treme Audience Best Motion Picture, pada Festival Film Sitges 2020.

    Kawula Muda sudah nonton film Joko Anwar yang mana aja?

    Editor Team

    COMMENT