Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 30 2020

    20 Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

    Hai Kawula Muda, selain sistem pendidikannya terbaik, ternyata Finlandia juga menjadi negara paling bahagia di dunia!

    Ilustrasi orang-orang tertawa bahagia. (FREEPIK)

    Selain memiliki sistem pendidikan terbaik, berdasarkan hasil studi World Happiness Report yang diterbitkan Maret 2020,  Finlandia juga menempati posisi teratas sebagai negara paling bahagia di dunia.

    Negara yang dikenal dengan museum, taman, dan seni budaya tersebut menempati posisi teratas dari 156 negara yang disurvei.

    Beberapa faktor disebutkan menjadi penyebab penduduk merasa bahagia tinggal di negaranya, antara lain adalah mengacu pada jaringan layanan sosial yang baik, pemerintahan yang jujur, kepercayaan sosial, lingkungan yang aman, dan kehidupan yang sehat.

    1. Finlandia

    FINLANDIAHelsinski, Finlandia. (INSTAGRAM/VISITFINLAND)

     

    Salah satu hal yang membuat Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia adalah tingkat korupsi pejabat yang sangat rendah. Bahkan, kepolisian di Finlandia disebut sebagai polisi paling bisa dipercaya di dunia.

    Dari hasil survei, hampir tak ada tindakan korupsi dan kebrutalan yang dilakukan lembaga kepolisian Finlandia.

    Dikutip dari Kompas.com, Finlandia juga menarik pajak yang tinggi kepada warga. Namun, pajak tersebut diinvestasikan untuk sistem jaminan sosial, yang dikenal sebagai Kela.

    Kela digunakan untuk menyediakan layanan kesehatan gratis untuk semua warga negara dan penduduk Finlandia, memberi dukungan kepada penganggur, serta menyediakan pendidikan tinggi gratis. Bahkan “kotak Kela” diberikan gratis untuk setiap bayi.

    2. Denmark

    DENMARKCopenhagen, Denmark. (INSTAGRAM/GO VISIT DENMARK)

      

    Selama ini Denmark dikenal memiliki pemerintahan yang stabil, angka korupsi yang rendah, dan akses terhadap pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

    Denmark memang memiliki pajak yang tergolong tinggi di dunia. Tapi, mayoritas warga Denmark merasa tak keberatan membayarnya. Mereka yakin, pajak akan menciptakan masyarakat yang lebih baik.

    Tak kalah penting, orang Denmark punya sebuah konstruksi budaya yang disebut “hygge” yang merujuk pada interaksi sosial berkualitas tinggi, sehingga menciptakan rasa aman, seimbang, dan saling berbagi pengalaman yang harmonis.

    Bagi orang Denmark, Natal adalah waktu paling “hyggelig” dalam setahun. Orang Denmark sangat menghargai kebersamaan dengan keluarga dan teman.

    3. Swiss

    SWISSGruyeres, Swiss (INSTAGRAM/SWISSVISIT)

     

    Dirangkum dari laman resmi Kementrian Luar Negeri, Swiss merupakan negara landlocked (terkurung daratan) yang makmur di Eropa Barat.

    Kekuatan Swiss dalam politik internasional terletak pada statusnya sebagai negara netral dan depository state (negara penyimpan) perjanjian-perjanjian internasional serta peran aktif negara tersebut dalam hubungan dan kerja sama internasional.

    Sebagai negara kecil dan dikelillingi oleh negara-negara di Uni Eropa, Swiss berusaha untuk memainkan peran dan menunjukkan pengaruhnya.

    Di bidang ekonomi, kekuatannya terletak pada inovasi teknologi, industri, dan perbankan.

    Selain tiga negara yang berada di posisi teratas tadi, berikut ini adalah daftar 20 negara paling bahagia di dunia.

    1. Finlandia

    2. Denmark

    3. Swiss

    4. Islandia

    5. Norwegia

    6. Belanda

    7. Swedia

    8. Selandia Baru

    9. Austria

    10. Luksemburg

    11. Kanada

    12. Australia

    13. Inggris

    14. Israel

    15. Kosta Rika

    16. Irlandia

    17. Jerman

    18. Amerika Serikat

    19. Republik Ceko

    20. Belgia

    Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Ternyata Indonesia berada di peringkat ke-84 negara paling bahagia di dunia, tepat di bawah Vietnam.

    Editor Team

    COMMENT