Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 14 2021

    4 Tips Jaga Berat Badan Tetap Ideal Setelah Lebaran!

    Kawula Muda, jangan lupa berolahraga ya!

    Ilustrasi Berat Badan Naik Setelah Lebaran (Tribunnews)

    Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi akan tiba. Ini adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim karena merupakan hari kemenangan setelah satu bulan lamanya berpuasa.

    Tak jarang saat Idul Fitri, orang-orang cenderung makan dalam porsi yang besar dan tidak terkontrol. Ditambah dengan sajian makanan dan minuman khas Lebaran yang banyak mengandung gula dan lemak berlebih.

    Hal ini kerap membuat berat badan menjadi naik terlebih saat ini kita tidak dapat berpergian sehingga kita hanya melakukan aktivitas di dalam rumah yang dapat membuat lemak mengendap karena kurang melakukan pergerakan. Untuk  itu, Prambors punya empat tips biar kalian dapat mengurangi berat badan setelah lebaran!

    Kurangi Cemilan

    Untuk menurunkan berat badan setelah lebaran adalah kalian harus tahan akan godaan kue lebaran yang ada di meja makan. Karena tanpa kalian sadari, cemilan yang dikonsumsi di antara makan besar tersebut yang biasanya menjadi masalah berat badan menjadi naik. Jadi kalau kalian ingin menurunkan berat badan, maka kalian harus mkurangi kebiasan ngemil.

    Makan Sedikit Tapi Sering

    Cara kedua untuk mengurangi berat badan adalah dengan mengatur pola makan. Kalian hanya perlu membagi tiga kali porsi makan kalian menjadi 5-6 kali makan dengan porsi makan yang lebih kecil.

    Makan dengan jumlah yang sedikit ini dapat membantu kalian untuk mengendalikan nafsu makan sehingga tidak mudah tergoda untuk ngemil. Pola makan ini juga dapat mengkondisikan lambung menjadi merasa cukup dengan porsi makan yang sedikit.

    Kurangi Makan Manis dan Berlemak

    Makanan ataupun minuman manis dan berlemak adalah salah satu penyebab berat badan menjadi naik. Oleh karena itu, kalian harus kontrol masuknnya glukosa ataupun lemak ke dalam tubuh.

    Selain menghindari naiknya berat badan, cara ini juga ampuh dalam menghindari berbagai penyakit, seperti diabetes, kolestrol tinggi, hipertensi, stroke, serta pennyakit jantung.

    Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengurangi makanan dan minuman manis seperti aneka kue dan minuman kemasan yang mengandung glukosa berlebih dan makanan yang digoreng, daging berlemak, makanan laut, telur puyuh, sampai keripik.

    Sering Olahraga

    Selain mengkontrol makanan yang masuk, kalian juga tidak boleh lupa akan pentingnya olahraga rutin. Dengan berolahraga secara rutin, kalian dapat meningkatkan pengeluaran kalori. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk membuat tubuh segar dan mengurangi risiko terjadi berbagai penyakit.

    Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga cardio untuk membantu mempercepat pembakaran lemak. Durasi yang dianjurkan pun adalah sekitar 30 menit non-stop setiap harinya atau tiga kali dalam satu minggu.

    Editor Team

    COMMENT