Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 06 2022

    5 Mata Pelajaran Unik yang Ada di Sekolah Indonesia

    Kawula Muda, udah tau soal mata pelajaran unik di Indonesia, belum?

    Mata Pelajaran Seni di Sekolah (UNSPLASH)


    Kawula Muda, seiring berkembangnya zaman, mata pelajaran yang diajarkan di sekolah juga ikut mengalami perkembangan juga, loh. Tidak hanya kurikulum umum yang diajarkan, seperti matematika, bahasa, dan sains, ternyata beberapa sekolah menawarkan mata pelajaran yang unik dan tentu membantu mengembangkan potensi yang dimiliki setiap siswa.

    Tim Prambors sudah mengumpulkan beberapa mata pelajaran unik yang ternyata diajarkan di Indonesia! 

    1. Mempelajari Berbagai Bahasa Asing

    bukuIlustrasi Perpustakaan (UNSPLASH)

     

    Sejak kurikulum 2013 diterapkan di Indonesia, berbagai sekolah, termasuk sekolah negeri, swasta, dan internasional menawarkan beberapa mata pelajaran yang berfokus untuk mengembangkan minat dan bakat para siswa. 

    Salah satunya adalah dengan mempelajari berbagai bahasa asing yang beragam. Terutama untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia menawarkan pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Korea, Bahasa Belanda sampai Bahasa Arab secara intensif, loh! Meski enggak diajarkan seluruhnya secara bersamaan, tapi siswa/siswi Indonesia tetap keren karena bisa memiliki keahlian bahasa asing. 

    Sekolah lo menyediakan pelajaran bahasa asing apa, nih?

    2. Sekolah dengan Pelajaran Khusus Atlet

    ilustrasiIlustrasi Panjat Tebing (UNSPLASH)

     

    Indonesia menawarkan berbagai sekolah khusus buat lo yang tertarik jadi atlet, loh. Sekolah ini juga masuk ke jenjang SMA, sehingga buat Kawula Muda yang ingin fokus berolahraga, berbagai pilihan sekolah di Indonesia bisa banget lo pilih!

    Misalnya, Sekolah Khusus Olahraga Ragunan, SMA Olahraga Sriwijaya, SMA Negeri Olahraga Riau, SMA Olahraga Jawa Timur, dan SMA Keberbakatan Olahraga Negeri Aceh. 

    Setiap harinya, sekolah-sekolah tersebut menawarkan berbagai mata pelajaran dari cabang olahraga yang berbeda. Tidak hanya bola basket, sepak bola, dan renang. Sekolah-sekolah tersebut juga menyediakan mata pelajaran dengan cabang olahraga, seperti gulat, panjat tebing, sepak takraw, judo, bahkan catur!

    3. Mata Pelajaran Kehidupan atau Sekolah Holistik

    sekolah kehidupanSekolah Kehidupan, Laskar Pelangi (SUARA)

     

    Sanggar Anak Alam di Yogyakarta, ternyata menawarkan nilai-nilai serta pemahaman hidup yang lebih baik sebagai hakikat dari "Sekolah Kehidupan", Kawula Muda.

    Tidak hanya di Yogyakarta, salah satu sekolah di Bandung, juga menawarkan pendidikan holistik yang merupakan pendidikan untuk mengembangkan seluruh potensi siswa secara harmonis, meliputi potensi intelektual, emosional, fisik, sosial, estetika, dan spiritual. Keren banget!

    4. Mata Pelajaran Musik Klasik

    musikIlustrasi Sekolah Musik (UNSPLASH)

     

    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang setara dengan SMA ternyata menawarkan banyak sekali jurusan baru yang relevan dengan perkembangan zaman setiap harinya, Kawula Muda! SMK Negeri 2 Kasihan di Yogyakarta salah satunya. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah musik klasik di Indonesia, loh! Kawula Muda dapat mempelajari vokal, flute, oboe, klarinet, saxophone, corno/horn, trompet, trobone, tuba, cello, piano, gitar, perkusi, biola, biola alto, dan contra bass! 

    Ada pula mata pelajaran khusus musik karawitan di SMK Negeri 10 Bandung. Jurusan ini mengajarkan muridnya bermain alat musik tradisional khususnya asal Jawa, Madura dan Bali.

    5. Mata Pelajaran Seni yang Mendalam

    Tidak hanya sekolah negeri, sekolah internasional di Indonesia ternyata menawarkan banyak mata pelajaran seni yang mendalam, Kawula Muda. Beberapa sekolah internasional bahkan menawarkan mata pelajaran seni patung, loh! Tidak hanya itu, sekolah-sekolah internasional juga menawarkan mata pelajaran instalasi seni, mata pelajaran tentang kain, mata pelajaran kurator seni, mata pelajaran tentang kertas dan penerbitan, hingga mata pelajaran seni dan desain yang mendalam!

    Keren ya pendidikan di Indonesia yang ternyata menawarkan mata pelajaran yang keren-keren. Kalo lo merasa sekolah lo juga keren, yuk ikutan Mangkal on Skul Battle of Putih Abu-Abu, acara cerdas cermat antar SMA sederajat yang ada di on air Prambors. Pemenangnya bisa dapat hadiah jutaan rupiah loh!

    Yuk, buruan klik link ini untuk ikutan!

    Editor Team

    COMMENT