Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 29 2021

    5 Rekomendasi Kelas Keramik di Jakarta, Cocok untuk Habiskan Waktu Liburan

    Kawula Muda, enggak usah bingung lagi libur Nataru mau kemana!

    Ilustrasi membuat kerajinan tangan. (PIXABAY)

    Kawula Muda, pemerintah menganjurkan seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak liburan saat Natal dan Tahun Baru untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19.

    Namun, tidak usah khawatir, karena masih banyak, lho, kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di Ibu Kota. Salah satunya adalah membuat kerajinan keramik atau gerabah.

    Kamu pun bisa membuat pot, vas bunga, cangkir, dan karya lainnya dengan hasil tanganmu sendiri. Setidaknya, ada 5 tempat workshop keramik terbaik yang ada di bilangan Jakarta. Apa saja? Berikut daftarnya yang dikutip dari MEDIAINI:

    1. Galeri Kollekan

    Kelas keramikKelas keramik. (INSTAGRAM/KOLLEKAN_KERAMIK)

     

    Galeri Kollekan berlokasi di Jl. H Abdul Majid Raya No. 15, Cipete Utara, Jakarta Selatan. Bengkel keramik ini membuka kelas workshop-nya tiga kali seminggu, yaitu Selasa, Jumat, dan Sabtu pukul 10.30 atau 14.00.

    Dengan merogoh kocek Rp200 ribu, Kawula Muda bisa membuat keramik hanya dengan menggunakan tangan. Namun, jika kamu ingin menggunakan roda gerabah, kamu perlu menambah lagi sebesar Rp25 ribu.

    2. Rumah Keramik F. Widayanto

    Salah satu hasil keramik yang ada di Galeri F. WidayantoSalah satu hasil keramik yang ada di Galeri F. Widayanto. (INSTAGRAM/FWIDAYANTOGALLERY)

     

    Rumah Keramik F. Widayanto sudah cukup terkenal di Ibu Kota. Mereka pun memiliki dua cabang, yaitu di Jalan Taman Setiabudi, Jakarta Selatan (tanpa biaya tiket masuk) dan Jalan Curug Agung, Depok (biaya tiket masuk Rp25 ribu per orang).

    Desain rumah keramiknya pun sangat menenangkan, sehingga bisa menjadi tempat terbaik untuk Kawula Muda menghabiskan waktu. Selain itu, protokol kesehatan yang dijalankan di Rumah Keramik F. Widayanto juga sangatlah ketat.

    Mereka menamai kelas workshop-nya dengan nama Fun With Clay (FWC). Untuk pemula (beginner), FWC dibanderol dengan harga Rp145 ribu dengan durasi 90 menit dan tanah liat sebanyak 400 gram.

    Kelas tersebut diselenggarakan setiap pukul 10.00, 12.00, dan 14.00 WIB. Jangan lupa untuk reservasi terlebih dahulu, ya, Kawula Muda!

    3. Museum Seni Rupa dan Keramik

    Museum Seni Rupa dan Keramik.Tampak depan Museum Seni Rupa dan Keramik. (INSTAGRAM/JAKARTA_TOURISM)

     

    Museum Seni Rupa dan Keramik merupakan salah satu museum yang masih bertahan di Kota Tua, Jakarta. Adapun mereka yang ingin membuat keramik dengan roda gerabah hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp50 ribu. Sementara itu, Kawula Muda hanya perlu merogoh kocek Rp40 ribu jika ingin menggunakan tangan.

    Sangat terjangkau, bukan?

    4. Hoxton & Tate

    Kelas keramik menggunakan tanganKelas keramik menggunakan tangan. (INSTAGRAM/HOXTONANDTATE.CERAMICS)

     

    Hoxton & Tate, salah satu bengkel keramik di BSD yang menghadirkan kelas workshop saat weekdays dan weekend. Namun, mereka yang ingin belajar membuat keramik di hari kerja, harus mengambil kelas private.

    Dengan durasi 2,5 jam, Kawula Muda perlu merogoh kocek sebesar Rp400 ribu per orangnya. Nantinya, kamu akan dibimbing dari awal hingga selesai.

    Namun, jika ingin membawa pulang keramik, kamu harus menunggu selama 2 minggu, karena harus melalui proses tertentu.

    5. Rumah Tanah Liat Citra

    Keramik hasil karya murid Sekolah Bukit MulyaKeramik hasil karya murid Sekolah Bukit Mulya. (INSTAGRAM/RUMAHTANAHLIATCITRA_OFFICIAL)

     

    Rumah Tanah Liat Citra berlokasi di Ruko Pondok Aren Plaza, Tangerang Selatan ini rupanya menjadi salah satu tempat workshop yang terkenal, lho. 

    Nantinya, kamu akan diberikan paket tanah liat seberat 1 kilogram serta arahan dari instruktur.

    Pun biaya untuk mengikuti workshop terbilang murah. Hanya dengan Rp80 ribu, Kawula Muda bisa menggunakan meja putar, senar, kain, dan butsir, hingga membawa pulang hasil karya kamu.

    Tak hanya membuat keramik, Rumah Tanah Liat Citra juga menyediakan kelas membatik, lho!

    Omong-omong, Kawula Muda pengin enggak liburan dibayarin Prambors? Langsung saja jawab pertanyaan berikut:

    Selasa, 30 November 2021— "Terletak di Jakarta bagian manakah kampung Si Pitung, Setu Babakan yang dijadikan situs budaya Betawi?”

    Jawab di sini, ya!

    Editor Team

    COMMENT