Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 31 2021

    7 Tanaman Hias yang Harganya Fantastis Tembus Miliaran

    Mana tanaman hias favorit kamu, Kawula Muda?

    (bonsai pinus/instagram @roninab.art)

    Hobi tanaman hias saat ini menjadi tren di banyak kalangan masyarakat Indonesia. Selain sebagai pelepas stres, hobi tanaman hias ternyata bisa menjadi ladang penghasil uang karena miliki harga yang terbilang fantastis hingga miliaran rupiah.

    Apa saja tanaman hias yang memiliki harga fantastis tersebut? Simak tujuh tanaman berikut ini:

    1. Tanaman Bonsai Old Pine

    Bonsai merupakan salah satu yang menjadi favorit di kalangan pencinta tanaman. Harga  tanaman ini tergantung kerumitan bentuk bonsai tersebut.

    Harga termurah untuk jenis tanaman ini mulai dari ratusan ribu hingga termahal mencapai Rp 13,1 miliar. Harga termahal dipegang oleh jenis pinus putih yang terjual di pameran bonsai Asia Pasifik di Takamatsu Jepang. Harga termurah jenis bonsai pinus putih biasanya sekitar Rp 700 ribu.

    2. Bonsai Pinus

    Tanaman hias lain yang miliki harga cukup mahal selain pinus putih adalah bonsai pinus. Harga bonsai pinus cukup bervariasi mulai dari Rp 700 ribu hingga yang termahal Rp 18,5 miliar. Usia tanaman bonsai yang telah berabad-abad membuat harganya semakin fantastis.

    Sayangnya, tanaman jenis bonsai bukan untuk pemula. Tanaman ini lebih cocok bagi pencinta tanaman yang mengerti tentang teknik perawatan dan pembuatan bonsai.

    bonsai pinus(bonsai pinus/instagram @bonsaibrunoheller)

     

    3. Monstera Variagata

    Ini merupakan salah satu tanaman hias yang sangat terkenal. Di Indonesia, salah satu jenis Monstera yang terkenal adalah janda bolong atau dikenal juga dengan nama keju Swiss. Monstera Variagata bisa laku terjual seharga 5.000 dolar AS atau setara Rp 71 juta.

    Keunikan yang dimiliki oleh Monstera Variagata adalah daunnya bermotif unik dan tak biasa. Sobekan daun yang terbilang langka, semakin membuat harga tanaman ini menjadi mahal. Dibanding tanaman hias lainnya Monstera Variagata sangat lambat dalam perkembangbiakannya.

    monstera varigata(monstera varigata/instagram @houseplantplants)

     

    4. Hoya Compacta

    Jenis tanaman Hoya Carnosa Compacta atau dikenal dengan nama Hindu Rope sempat menjadi tanaman dengan harga termahal yang dijual di sebuah situs pelelangan di Selandia Baru, Trade Me. Pada 2020, tanaman ini dijual seharga 6.500 dolar AS atau setara Rp 92, 5 juta.

    Keunikan tanaman ini terletak pada warna krem dan kuning yang terdapat pada bagian daun tanaman ini.

    hoya compacta(hoya compacta/instagram @saunghoya)

     

    5. Philodendron Minima

    Tanaman Philodendron Minima dikenal dengan sebutan mini monster atau piccolo. Jenis ini merupakan salah satu yang jadi favorit pecinta tanaman.

    Seorang kolektor tanaman hias berhasil memburu tanaman ini dan menebusnya dari seorang pemilik  seharga 8.150 dolar AS atau senilai hampir Rp 116 juta. 

    Philodendron Minima(Philodendron Minima/instagram @plantprojectnz)

     

    6. Anggrek Shenzhen Nongke

    Jenis anggrek ini merupakan hasil racikan dari ilmuwan tanaman, sehingga miliki bentuk yang berbeda dibanding tanaman anggrek pada umumnya. Tanaman ini sempat menembus harga hingga hampir senilai mobil mewah yaitu 200 ribu dolar AS atau setara Rp 2,8 miliar.

    Anggrek Shenzhen Nongke(Anggrek Shenzhen Nongke/instagram @orquideas_belas.amor)

     

    7. Ketapang Biola

    Bentuk daunnya yang sederhana tapi elegan membuat tanaman ini menjadi favorit para desainer interior dan fotografer. Popularitas tanaman yang perlahan semakin meningkat, membuat harga tanaman makin naik. Harga Ketapang Biola bisa mencapai Rp 4,2 juta.

    Bila ditanam di hutan tropis, tanaman Ketapang Biola bisa tumbuh hingga 50 kaki. Tanaman Ketapang Biola ini termasuk tanaman yang sensitif terhadap suhu udara. Tanaman ini tidak menyukai suhu udara yang dingin dan kering.

    Ketapang Biola(Ketapang Biola/instagram @thejungletruck)

     

     

    Editor Team

    COMMENT