Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 20 2021

    Agar Sepeda Tidak Cepat Rusak Saat Musim Hujan, Ini Tipsnya

    Kawula Muda, tambahan ilmu nih buat kalian yang suka sepedaan.

    Aktivitas bersepeda. (FREEPIK.COM)

    Banyak kendala yang dihadapi selama musim penghujan seperti saat ini. Salah satunya adalah soal rawan rusaknya sepeda kesayangan kita karena sering terkena air hujan. Sejumlah orang mengeluhkan sepeda mereka berkarat dan bearing rusak setelah terguyur air hujan.

    Ada sebagian orang yang sebisa mungkin menghindari bersepeda saat hujan, agar tubuhnya tidak sakit dan sepedanya tidak cepat rusak. Namun, ada pula sekelompok orang yang cenderung suka bersepeda ketika hujan untuk menikmati sensasi yang berbeda.

    Jika kalian termasuk dalam kelompok kedua, maka akan menjadi sangat penting untuk mengetahui tips efektif untuk merawat sepeda agar awet meskipun dipakai saat hujan. Bagaimana caranya?

    Karat dan pasir

    Air hujan secara kasat mata tampak sama seperti air biasa pada umumnya. Tetapi, faktanya air hujan memiliki kandungan yang berbeda.

    Jika kalian tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara tinggi, maka air hujan yang turun akan bercampur dengan polutan yang dapat menyebabkan air hujan mengandung zat asam.

    Zat asam yang dibawa air hujan jika mengenai logam di sepeda akan menyebabkan korosi atau karat. Tak hanya itu, air hujan kadang juga bercampur dengan partikel berbahaya lain seperti jamur yang dapat mengakibatkan masalah lain pada sepeda.

    Selain soal karat, masalah lain adalah pasir. Pada musim ujan, pasir akan lebih mudah menempel pada sepeda karena terbawa oleh cipratan air yang berada di permukaan tanah.

    SEPEDAAktivitas bersepeda. (FREEPIK.COM)

     

    Cuci atau bilas

    Untuk menghindari masalah itu, langkah pertama jika sepeda terkena hujan adalah segera cuci atau bilas sepeda menggunakan air biasa (kran atau sumur). Jika memungkinkan, kalian bisa mencuci sepeda menggunakan sampo antikorosi atau antikarat.

    Selain membersihkan zat-zat tak kasat mata, langkah itu juga dapat membersihkan kotoran dan pasir yang masih menempel di sepeda.

    Selanjutnya, keringkan seluruh bagian sepeda menggunakan kanebo atau microfiber agar zat-zat korosif tidak terserap masuk ke dalam permukaan sepeda.

    Untuk bagian rantai, usahakan agar tidak terlalu banyak memberikan oli di bagian tersebut. Semakin banyak oli yang ada di rantai, maka akan semakin banyak pasir yang menempel. Jika pasir-pasir tersebut masuk ke sela-sela rantai atau gear, akan mengakibatkan sepeda cepat rusak.

    Oli memang dibutuhkan, tapi jangan berlebihan, secukupnya saja. Jika pemberian oli dirasa berlebihan, kalian bisa mengelapnya hingga tidak ada lagi oli yang menetes.

    ...

    Cieee nemu passwordnya untuk 21 Januari 2021! Nah Kawula Muda ini passwordnya ya. Jadi nanti pas ditelepon Prambors jawabnya jangan halo, tapi "TADI AKU CARI PASSWORDNYA DI PRAMBORSFM.COM SIH".

    Kalo nanti jawab halo, kamu otomatis gagal. Tapi, kalo langsung jawab passwordnya, kamu semakin dekat buat dapetin sepeda dari United Bike!!!! Good luck ya!

    Editor Team

    COMMENT