Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 22 2022

    Apa Persiapan yang Harus Dilakukan Jelang Wisuda?

    Lo kapan wisuda, Kawula Muda?

    Ilustrasi wisuda (UNSPLASH/Vasily Koloda)

    Wisuda tentu menjadi salah satu momen berharga nan sakral bagi mahasiswa. Bagaimana tidak? Setelah mengikuti kuliah selama bertahun-tahun, ditambah mengerjakan skripsi maupun proyek akhir yang rasanya tidak habis-habis, kini lo sudah sampai di garis finish. 

    via GIPHY

    Karena itu, berikut beberapa persiapan yang dapat lo siapkan agar momen bersejarah lo benar-benar bisa maksimal!

    Cek Waktu dan Tempat

    Hal ini dapat membantu lo untuk memperkirakan waktu untuk bersiap-siap dan mulai berangkat ke tempat wisuda lo. Hal ini sangat penting, ya Kawula Muda! Jangan sampai lo enggak bisa naik ke atas panggung untuk menerima gelar hanya karena terlambat sampai. 

    Istirahat yang Cukup

    Istirahat menjadi hal yang penting agar lo dapat mengikuti rangkaian wisuda lo dengan maksimal. Yah… walau kalau di kelas hobi lo tidur, at least jangan lupa melek ketika nama lo dipanggil ya, Kawula Muda! 

    Persiapkan Perlengkapan di Hari Sebelumnya

    Ada baiknya apabila lo telah menyiapkan hal-hal yang perlu dibawa pada malam sebelumnya. Sebut saja pakaian dari ujung kepala hingga kaki, serta berkas-berkas penting yang diperlukan. Dengan begitu, lo enggak harus buru-buru berangkat di keesokan harinya ke tempat wisuda lo, Kawula Muda! 

    Siapkan Pakaian yang Nyaman

    Tampil secantik dan setampan mungkin memang perlu. Namun, pastikan pakaian lo nyaman ya, Kawula Muda! Ingat! Prosesi wisuda itu tidak sebentar. Jangan sampai lo malah ingin pulang hanya karena pakaian yang kurang nyaman. Selain itu, mengingat beberapa universitas mewajibkan mahasiswanya untuk menggunakan toga, pastikan outfit lo pas untuk dilapisi oleh toga, ya. 

    Itu dia beberapa persiapan yang menurut tim reporter adalah hal yang esensial agar wisuda lo berjalan maksimal. Oh iya, satu lagi. Jangan lupa ajak orang-orang terdekat untuk menghadiri wisuda lo, ya Kawula Muda! Tentu menjadi hal yang membanggakan bagi mereka untuk melihat lo resmi mendapat gelar. 

    Editor Team

    COMMENT