Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 28 2021

    Bangun Personal Branding di Feed Instagram dengan Ikuti 4 Tips Berikut

    Kawula Muda, siapa yang ngerasa feed Instagramnya berantakan?

    Ilustrasi unggah foto di Instagram. (PIXABAY)

    Kawula Muda, Instagram menjadi salah satu media sosial yang memiliki banyak sekali pengguna aktif. Melansir statista, pengguna aktif Instagram tercatat mencapai 1 miliar pengguna.

    Instagram tak hanya menjadi media untuk bersosialisasi. Namun, juga menjadi ladang para influencer untuk mengawali kariernya. Personal branding sangat diperlukan agar kamu bisa "ditengok" oleh setiap produk atau jasa untuk kamu melakukan endorse.

    Salah satu cara melakukan personal branding di Instagram adalah dengan mengatur feed Instagram serapi mungkin. Seperti yang kita ketahui, feed Instagram adalah laman yang menunjukkan keseluruhan foto yang ada dalam sebuah akun Instagram.

    Melansir Nextren, setidaknya ada empat tips yang bisa kamu terapkan dalam feed kamu, nih, Kawula Muda. Berikut daftarnya:

    1. Tentukan tema yang menarik

    Sebelum menentukan foto yang ingin kamu unggah, kamu harus menentukan tema yang menarik terlebih dahulu. Jika kamu mengunggah foto secara konsisten mengikuti tema, pastinya pengguna lain akan mengenal "identitas" kamu.

    Misalnya, kamu memiliki hobi travelingunggahlah foto-foto kamu saat melakukan perjalanan ke destinasi wisata yang menarik. Coba untuk unggah destinasi wisata yang indah dan belum begitu terkenal.

    Tema-tema lain yang banyak diminati oleh pengguna Instagram adalah fashion & beauty, kesehatan, parenting, kuliner, dan lifestyle.

    2. Pastikan kualitas foto baik

    Kualitas foto menjadi salah satu hal penting setelah menentukan tema, karena kualitas foto juga merupakan bagian dari personal branding.

    Tidak perlu menggunakan kamera profesional untuk menghasilkan kualitas foto baik. Kamera smartphone pun kini menawarkan kualitas setara dengan kamera DSLR atau mirrorless

    Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi editing untuk memperbaiki saturasi, tingkat kecerahan, ketajaman, hingga warna dari foto itu sendiri. 

    3. Perhatikan rasio gambar

    Instagram diketahui meluncurkan aplikasinya pada tahun 2010 silam. Saat itu, pengguna hanya bisa mengunggah gambar dengan rasio 1:1 (persegi). Namun, kini pengguna bisa mengunggah gambar dengan rasio 1:1 (persegi), 4:5 (vertikal), dan 5:4 (horizontal).

    Ponsel pintar seperti iPhone pun telah memudahkan kamu untuk memotret dengan rasio sesuai keinginan, sehingga kamu tidak perlu repot untuk memotong gambar tersebut.

    4. Gunakan skema warna yang konsisten

    Ilustrasi feed Instagram dengan skema warna yang telah ditentukanIlustrasi feed Instagram dengan skema warna yang telah ditentukan. (Dok. SKED SOCIAL)

     

    Skema warna juga menjadi salah satu hal yang penting agar feed lebih "enak" untuk dilihat.

    Pilihan warna yang senada dan konsisten tentunya akan membuat feed terlihat lebih rapi dan memberikan ciri khas dalam feed kamu.

    Aplikasi Pinterest pun kini telah banyak menyediakan template skema warna untuk feed Instagram, Kawula Muda.

    Banyak pula aplikasi-aplikasi gratis seperti Preview, Unum, dan Planoly, yang bisa membuat pengaturan feed Instagram menjadi lebih mudah.

    Jangan lupa untuk diterapkan langsung, ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT