Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 28 2021

    Dapat Kritikan, Instagram Tunda Peluncuran Aplikasi Baru Instagram Kids

    Menurut Kawula Muda, perlu enggak sih ada aplikasi Instagram Kids ini?

    Ilustrasi Instagram (UNSPLASH)

    Facebook berencana untuk mengeluarkan aplikasi Instagram khusus anak-anak yang diberikan nama Instagram Kids. Namun, head of Instagram Adam Mosseri menyatakan akan menunda pengembangan aplikasi tersebut.

    Pernyataan Adam keluar setelah beberapa pihak menilai bahwa rencana ini akan memperburuk dampak Instagram terhadap anak-anak. Melalui akun Twitter-nya, Adam menyampaikan klarifikasi serta nasib dari pengembangan Instagram Kids.

    Ide Instagram Kids muncul karena ada regulasi data pribadi Uni Eropa (GDPR) yang menyatakan bahwa anak-anak di bawah umur 13 tahun dilarang memilki akun media sosial. Lalu Instagram terpikirkan untuk membuat Instagram Kids untuk menjadi platform bagi pengguna yang berusia di bawah 13 tahun.

    Kritikan hadir dari berbagai pihak. Salah satunya Campaign for a Commercial-Free Childhood yang meminta Facebook untuk menghentikan pengembangan Instagram Kids ini.

    “Ini (Instagram Kids) akan meningkatkan penggunaan aplikasi (Instagram) oleh anak yang rentan terhadap fitur-fitur yang manipulatif dan eksploitatif dari platform tersebut,” ujar Campaign for a Commercial-Free Childhood dalam sebuah surat kepada CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengutip Kompas Tekno.

    Kritikan juga disampaikan dari seorang anggota parlemen dari Partai Republik di Amerika Serikat Lori Trahan dan Senator Richard Blumenthal.

    “Kami senang, Facebook mengindahkan seruan kami untuk berhenti mewujudkan rencananya meluncurkan Instagram versi anak-anak. Namun, 'ditunda' saja tidak cukup. Facebook sudah sepenuhnya kehilangan manfaat ketika hadir untuk melindungi anak muda secara online dan mereka harus benar-benar melepas proyek ini (Instagram Kids)," kata perwakilan parlemen di AS mengutip CNBC, Selasa (28/09/2021).

    Editor Team

    COMMENT