Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 09 2022

    Black Card: Kartu Istimewa yang Bikin Orang Terobsesi jadi Kaya

    Kawula Muda, kepingin punya Black Card, enggak?

    Ilustrasi Black Card, Kartu Para "Sultan" (IDX Channel)


    Kawula Muda, pernah dengar soal Black Card? Sesuai namanya, kartu ini memang memiliki warna hitam. Namun, terlepas dari warna hitam tersebut, rupanya kartu ini merupakan kartu yang istimewa, loh.

    Diketahui, Black Card merupakan salah satu jenis kartu kredit yang hanya dimiliki oleh kalangan atas, Kawula Muda. Artinya, tidak sembarang orang dapat memiliki kartu ini. Faktanya, kartu ini biasanya dibuat dengan bahan dari titanium dilengkapi desain yang mewah dan elegan.

    Pada awalnya, Black Card dirilis pada tahun 1999 oleh American Express Bank (Amex). Sejak itu, kartu ini banyak digunakan orang-orang kaya di dunia dari berbagai profesi, mulai dari pengusaha hingga selebriti. Bahkan, kartu ini sering dikatakan sebagai kartu sultan.

    Meski tidak dapat menyaingi eksklusivitas dari Black Card Amex sebagai yang pertama kali merilis Black Card, akhir-akhir ini banyak bank juga mengeluarkan 'Black Card' versi mereka sendiri, loh. Meski begitu, pemegang Black Card akan tetap memiliki keuntungan yang mirip. 

    Dapat disimpulkan bahwa Black Card hanya dapat dimiliki oleh orang dengan kalangan tertentu saja. Kepemilikan Black Card sendiri dapat menjadi kebanggaan khusus, loh. Ditambah, tidak semua kalangan atas dapat memilikinya. 

    Hal tersebut rupanya membuat banyak masyarakat menjadi penasaran sekaligus ingin memiliki Black Card dengan menghalalkan segala cara yang rupanya dapat mengerucut kepada pola perilaku tertentu.

    Simak segala hal yang perlu lo ketahui soal Black Card dan efeknya buat Warganet di bawah ini!

    Cara Punya Black Card

    Ilustrasi Black CardBlack Card, kartu dengan segudang hak istimewa (Blog Amartha)


    Kawula Muda, faktanya tidak ada persyaratan resmi untuk memiliki Black Card, loh. Hal ini dikarenakan, pada awalnya kartu ini dikeluarkan oleh bank secara khusus hanya untuk pelanggan VIP atau VVIP. Tidak hanya harus memiliki banyak uang untuk memilikinya, nasabah harus diundang langsung oleh pihak American Express Centurion Bank secara personal, loh!

    Mengutip CNN, seiring bertambahnya peminat Black Card, sejumlah perbankan dalam negeri juga banyak yang mempunyai fasilitas Black Card untuk nasabahnya.

    Faktanya, beberapa bank dalam negeri yang sudah bekerja sama dengan American Express, sebagai penyedia layanan penerbit kartu istimewa tersebut.

    Tidak hanya itu, akhir-akhir ini bahkan nasabah dapat mengajukan langsung persyaratan untuk memiliki Black Card, Kawula Muda. Dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan di masing-masing bank, nasabah dapat memiliki kartu eksklusif ini, loh.

    Biaya yang Harus Dikeluarkan Pemegang Black Card

    Kartu ini dapat dikatakan sangat berbeda dengan kartu kredit pada umumnya, Kawula Muda. Black Card disebut sebagai charge card, yaitu pemegang kartu harus membayar tagihan secara penuh setiap bulannya, berbeda dengan kartu kredit biasa.

    Selain itu, mengutip CNBC, undangan untuk memiliki Black Card akan diberikan saat calon pemiliknya berbelanja dengan minimal transaksi 250.000 dolar AS atau setara dengan Rp 39 miliar! 

    Tidak hanya itu, pemilik dari kartu ini juga harus membayar biaya keanggotaan sejumlah 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 78 juta. Ditambah beberapa biaya tahunan yang harus disetorkan sebagai pemilik Black Card sebesar 50 persen dari initiation fee. Setoran tersebut akan membuat pemegang kartu ini mendapatkan akses kartu kredit tanpa limit.

    Namun, untuk bank lokal sendiri, salah satu persyaratannya adalah memiliki pendapatan di atas Rp 36 juta dalam satu tahun (nominal ini bisa berbeda-beda sesuai kebijakan bank), Kawula Muda.

    Punya Black Card, Apa Kelebihannya?

    nagita slavina black cardNagita Slavina menggunakan Black Card yang dapat menutup satu toko (YOUTUBE/RANS ENTERTAINMENT)

     

    Sesuai dengan keistimewaannya, pemegang kartu ini dapat merasakan banyak keuntungan sekaligus hak istimewa, Kawula Muda, seperti pelayanan akses VIP, akses sebagai tamu elite di sejumlah hotel mewah, akses Centurion Lounge di seluruh bandara, status penyewaan mobil elite, akses berbelanja eksklusif dan penawaran harga spesial barang branded dari merek high end, dapat undangan eksklusif dari brand terkenal mencakup fashion show eksklusif, akses ke kamar paling mewah di berbagai kapal pesiar, dan mendapat akses penyewaan jet pribadi saat bepergian.

    Tidak hanya itu Kawula Muda, yang paling mencuri perhatian masyarakat adalah, para pemegang Black Card bahkan dapat menutup sebuah toko jika ingin belanja sendirian, loh. Wow!

    Halalkan Segala Cara, Ini Alasan Warganet Terobsesi dengan Black Card

    ilustrasi sticker tempel kartuDinilai eksklusif, masyarakat membuat replika Black Card dengan menggunakan sticker dan menjualnya dengan harga murah (Snapy)

     

    Segala benefit dan nilai sosial yang dimiliki oleh Black Card membuat masyarakat tidak mau kalah untuk memiliki kartu yang dimiliki oleh artis papan atas internasional ini.

    Seseorang yang memiliki Black Card dinilai sebagai seorang yang berasal dari kalangan atas, elite, dan mewah. Tatanan sosial yang selama ini sudah tertanam di masyarakat menimbulkan sebuah paradigma bahwa seseorang yang berasal dari kalangan atas akan memiliki banyak privilege.

    Hal ini yang secara tidak langsung membuat masyarakat menjadi ingin memiliki Black Card. Faktanya, banyak marketplace yang menjual sticker khusus untuk kartu yang dapat mengubah tampilan kartu kamu menjadi Black Card, Kawula Muda! Dalam pantauan Tim Prambors sendiri, sticker tersebut bahkan sudah terjual ribuan, loh!

    Dalam penelitian yang berfokus dengan representasi gaya hidup hedonisme, gaya hidup merupakan cerminan dari bagaimana seseorang ingin dipandang atau dipersepsikan oleh orang-orang di lingkungan di mana mereka berinteraksi.

    Dengan kata lain, gaya hidup seseorang merupakan representasi dari kehidupan yang telah mereka capai. Singkatnya, semakin tinggi tataran kehidupan yang dicapai oleh seseorang, maka secara tidak langsung image mereka akan naik di mata orang lain, Kawula Muda.

    Tidak hanya itu, dalam penelitian mengenai representasi gaya hidup glamor, gaya hidup dapat dimulai dengan memakai baju, kendaraan, atau aksesoris yang lebih bagus lagi sebagai cerminan diri sebagai orang yang ingin dipandang oleh orang lain.

    Meski beberapa pembeli mengaku bahwa menggunakan stiker merupakan sebuah lelucon dan hal yang lucu, tidak jarang para pembeli mengaku merasa 'keren' dan puas dengan sticker yang dijual dengan harga sangat murah ini, Kawula Muda.

    Bagaimana menurut lo, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT