Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 11 2021

    Diperingati sebagai Hari Jomblo Sedunia, Ada Apa dengan 11 November?

    Pernah dengar tentang sejarah 11 November jadi hari jomblo sedunia enggak sih, Kawula Muda?

    Ilustrasi seseorang yang berstatus jomblo (UNSPLASH/Priscilla du preez)

    Di China, 11 November diperingati sebagai Single Day atau Hari Jomblo Sedunia. Rupanya, hal itu menjadi asal mula ‘tanggal cantik’ yang identik dengan berbagai e-commerce Indonesia hingga dunia.

    Dikutip dari Liputan6.com pada Kamis (11/11/2021), perayaan tersebut sudah dimulai pada era 1990-an karena tampilan tanggalnya yang numerik. Maksudnya, angka ‘1’ di 11/11 dianggap dapat menandakan status ‘sendiri’ mereka. 

    11 November pun mulai dikenal sebagai “bare sticks holiday” atau “hari anti-Valentine”. Mahasiswa di Nanjing University yang merayakan masa lajang mereka menjadi pelopor hari anti Valentine tersebut. 

    Ilustrasi belanjaIlustrasi seseorang yang sedang belanja secara daring (UNSPLASH/CardMapr)

     

    Pada hari tersebut, mereka yang berstatus lajang akan merayakan hari anti-Valentine dengan membeli hadiah untuk diri sendiri. E-commerce raksasa di China, Alibaba, melihat peluang tersebut dan mulai memunculkan berbagai program maupun diskon menarik untuk meningkatkan penjualan. 

    Hal itu pun menjadi tradisi, saat orang lajang di China membeli hadiah untuk diri sendiri pada 11 November. Bahkan, saat ini, tidak hanya mereka yang jomblo saja, melainkan mereka yang sudah berpasangan pun sering kali membeli hadiah untuk diri sendiri pada 11 November.
    Kini, perayaan 11 November yang identik dengan kalimat ‘tanggal cantik’ juga diadopsi di Indonesia. Beragam e-commerce menyediakan program diskon besar-besaran untuk menarik pembeli.

    Dikutip dari merdeka.com, jumlah penelusuran kata kunci 11.11 di Google meningkat 29 persen di 2017 dan 456 persen di 2018. Hal itu menandakan populernya 11 November atau ‘single day’ di dunia. 

    Kalau kamu termasuk tim beli hadiah buat sendiri atau dibelikan hadiah sama doi pas 11.11 nih?

    Editor Team

    COMMENT