Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 01 2022

    Ditemukan Beras Bansos Ditimbun di Depok, Berapa Lama Beras Dapat Bertahan agar Tidak Busuk?

    Asal gak dikubur, bisa bertahan lama kok, Kawula Muda!

    Ilustrasi beras (iSTOCK)


    Beras bantuan sosial (bansos) yang telah membusuk ditemukan di sebuah tanah lapang di wilayah Depok. Adapun sekitar tiga karung beras berukuran 20 kg secara utuh dibawa ke kantor polisi untuk diselidiki lebih lanjut. Kini, kasus tersebut tengah ditangani oleh Polres Metro Depok.

    Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Karena itulah, tak heran beras biasanya dapat habis dalam waktu singkat. 

    Namun, apabila tidak dihabiskan dengan cepat, memangnya berapa lama beras dapat bertahan agar tidak busuk?

    Mengutip Detik, beras diklaim dapat bertahan dalam waktu lama, bahkan hingga mencapai 30 tahun, loh Kawula Muda! Hal tersebut mengingat beras yang merupakan bahan pangan kering sehingga dapat disimpan dengan aman dalam jangka waktu lama. 

    Adapun beras putih biasanya memiliki waktu ideal selama 4 hingga 5 tahun. Beberapa sumber lain seperti Taste pun menyebut beras putih yang belum dibuka sebaiknya dikonsumsi dalam waktu di bawah 2 tahun. 

    Namun, apabila penyimpanan beras dilakukan dengan benar, beras dapat bertahan hingga lebih dari 5 tahun. Bahkan, jika beras tersebut dikemas dalam keadaan kedap udara, sebenarnya beras bisa-bisa saja bertahan hingga 30 tahun lamanya. 

    Di sisi lain, beras coklat ternyata hanya mampu bertahan selama 6 hingga 8 bulan. Paling lama, beras tersebut dapat awet hingga 1 tahun apabila masih tersegel di dalam kemasan. 

    Hal tersebut mengingat beras coklat memang memiliki minyak yang tinggi. Apabila dibiarkan terlalu lama, minyak tersebut dapat mengontaminasi beras sehingga menjadi busuk dan berbau. 

    Adapun cara terbaik menyimpan beras agar tidak mudah busuk adalah dengan memasukkannya di wadah kedap udara ataupun tempat gelap. Suhu penyimpanan tersebut pun diharuskan konstan dan tidak terpapar panas. 

    Apabila tidak disimpan dengan baik, maka beras jenis apa pun akan membusuk dengan mudah, Kawula Muda! Hal itu dikarenakan beras yang tidak disimpan dengan baik dapat membuatnya terkontaminasi kutu.

    Apabila sudah terdapat kutu, maka hewan kecil tersebut akan memanfaatkan beras untuk menyimpan telur. Akibatnya, beras pun mudah membusuk. 

    Editor Team

    COMMENT