Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 19 2023

    Fenomena Inemuri, Karyawan Jepang yang Terbiasa Tidur Siang di Kantor

    Bahkan banyak perusahaan Jepang yang udah suruh karyawan buat tidur, loh.

    Karyawan Jepang tidur di kantor lantaran jadwal kerja di negara tersebut yang padat (DAILY SABAH)


    Enggak usah kaget atau heran melihat pekerja kantoran di Jepang tidur siang di meja masing-masing pada jam kerja. Pasalnya, kegiatan tersebut sudah biasa bahkan tidak dianggap masalah, Kawula Muda.

    Fenomena karyawan Jepang yang tidur di kantor ini bernama Inemuri. Istilah tersebut adalah tidur dalam kondisi duduk atau berbaring yang umum terjadi di tempat kerja.

    Dilansir dari Hello Sehat, Rabu (18/01/2023), inemuriĀ sangat diperbolehkan dan dianjurkan. Untuk masyarakat Jepang, kebiasaan ini menunjukkan bukti kerja keras dedikasi, dan komitmen selama bekerja.

    Mereka yang melakukan inemuriĀ diizinkan selama ia tidak membahayakan orang lain dan dirinya sendiri.

    Jepang tidurKaryawan Jepang tidur di kantor lantaran jadwal kerja di negara tersebut yang padat (DAILY SABAH)


    Pemandangan seperti ini ternyata sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu, Kawula Muda. Melansir dari berbagai sumber, tidak hanya di kantor saja, inemuriĀ bisa dilihat di tempat-tempat lain seperti kereta api, mall, dan sebagainya.

    Buntut dari inemuri, Jepang terkenal sebagai negara yang memiliki jam tidur paling rendah. Masyarakat Negeri Matahari Terbit ini biasa tidur selama 6 jam setiap malamnya. Makanya, banyak orang yang berdedikasi pada dirinya dengan melakukan inemuri.

    Selain itu, banyak pula perusahaan yang sudah melakukan kebijakan pada karyawan untuk tidur saat bekerja. Manajer kantor di Jepang memperbolehkan karyawan tidur siang hingga 30 menit guna meningkatkan produktivitas.

    "Saya kira kinerja saya meningkat sejak saya memutuskan untuk tidur sebentar (di kantor)," kata Ikuko Yamada, seorang karyawan bagian keuangan kepada koran Jepang, The Yomiuri Shimbun, mengutip laman BBC Indonesia.

    Kementerian Kesehatan di Jepang pun juga mengeluarkan rekomendasi kepada semua orang yang tergolong usia kerja untuk tidur hingga setengah jam di siang atau sore hari.

    Kawula Muda, terapin di kantor lo bisa enggak ya?

    Editor Team

    COMMENT