Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 09 2021

    Ini 8 Alasan Mengapa Kereta Bandara Jadi Transportasi Paling Tepat

    Kawula Muda, siapa yang udah berencana traveling dalam waktu dekat?

    Penampakan interior kereta bandara di Stasiun BNI City. (Dok. KOMPAS)

    Kawula Muda, sebelum membuat rencana traveling, tentunya pemilihan transportasi harus dipertimbangkan dengan baik.

    Salah satu jenis transportasi yang nyaman dan cepat untuk menempuh perjalanan jarak jauh adalah pesawat. Supaya tidak terlambat, penting juga untuk kita menentukan transportasi yang akan digunakan menuju bandara.

    Selain taksi, shuttle, atau DAMRI, sarana transportasi menuju bandara lainnya yang bisa dipilih adalah kereta bandara. Hingga saat ini, ada beberapa bandara yang menyediakan fasilitas kereta bagi para penumpang untuk digunakan saat berangkat maupun tiba di bandara. Lalu, apa saja keunggulan kereta bandara tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

    1. Tidak Terhalang Macet

    Ketika memilih pesawat sebagai transportasi udara, tentu kita harus meluangkan waktu sebanyak mungkin sebelum pesawat boarding. Kerap kali, kendala yang dialami penumpang pesawat yakni terjebak macet di jalan.

    Bukan suatu hal yang baru bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar ketika menghadapi lalu lintas yang padat luar biasa. Untuk itu, kereta bandara dihadirkan agar kemacetan bukan lagi menjadi halangan para traveller.

    Jadwal keberangkatan kereta pun sudah ditentukan sedemikian rupa guna mengefisiensi waktu.

    2. Memiliki Fasilitas Lengkap

    KAI Bandara PremiumKAI Bandara Premium. (INSTAGRAM/KABANDARARAILINK)

     

    Selain memberi ketepatan waktu, kereta bandara juga menawarkan fasilitas yang terbilang sangat lengkap. Salah satunya adalah fasilitas toilet yang bersih dan terpisah antara wanita dan pria, charging port atau colokan untuk mengisi daya ponsel dan gadget, kursi-kursi yang empuk, hingga AC.

    Keamanan dan kenyamanan penumpang pun bisa lebih terjaga dengan adanya CCTV yang tersemat di berbagai sudut.

    3. Menerapkan Protokol Kesehatan

    Kebersihan dan protokol kesehatan pada transportasi publik besutan PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II itu juga tidak perlu diragukan lagi di tengah pandemi ini.

    Pasalnya, tempat duduk dalam kereta sudah diatur agar tidak berdekatan satu dengan yang lain. Sementara itu, para penumpang dan kru juga diwajibkan melakukan pengecekan suhu, serta mengenakan masker selama berada di dalam kereta.

    4. Tiket Bisa Dibeli Secara Online

    Tiket kereta bandara beserta informasinya juga telah tersedia secara online. Kawula Muda pun tak perlu khawatir untuk proses pembayaran yang praktis dan mudah.

    Supaya tidak terburu-buru mengejar waktu keberangkatan pesawat, sebaiknya pilih jadwal keberangkatan kereta beberapa saat lebih awal. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan waktu check in yang tidak terlalu mepet sebelum naik ke pesawat, ya.

    5. Kesempatan Beli Tiket Harga Promo

    Memasuki era digital, segala kebutuhan kini dapat diselesaikan secara online. Tak hanya itu, promo-promo yang ditawarkan pun biasanya lebih menarik.

    Pada waktu-waktu tertentu, tiket kereta dijual dengan harga promo sehingga kamu pun bisa mengalokasikan budget kereta bandara untuk kebutuhan lainnya.

    6. Langsung Menuju Area Bandara

    Dengan menggunakan kereta bandara, kamu dapat menjangkau area keberangkatan pesawat secara langsung. Kereta ini memang terhubung langsung dengan area bandara sehingga memudahkan penumpang untuk melanjutkan tahap check in sebelum naik pesawat.

    Begitu pula jika baru tiba di bandara, kamu bisa langsung masuk ke area stasiun dan menggunakan kereta bandara ke tempat tujuan. Jalur yang dekat dan mudah dilalui pasti membuat penumpang kereta merasa lebih nyaman.

    7. Memiliki Beberapa Stasiun Keberangkatan

    Stasiun ManggaraiStasiun Manggarai. (INSTAGRAM/KABANDARARAILINK)

     

    Sebelum memesan tiket kereta bandara, Kawula Muda harus menentukan terlebih dahulu stasiun keberangkatan, nih. Untuk Kereta Bandara Soekarno-Hatta, ada beberapa stasiun yang melayani rute tersebut, misalnya Stasiun BNI City, Stasiun Batu Ceper, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Duri.

    Dengan pertimbangan di atas, Kawula Muda bisa menentukan apakah harus menggunakan KRL terlebih dahulu menuju stasiun keberangkatan kereta bandara. Setelah itu, kamu hanya perlu berpindah peron.

    8. Waktu Tempuh Lebih Cepat

    Memiliki jalur khusus, tentunya kereta bandara membutuhkan waktu lebih cepat ke bandara, jika dibandingkan moda transportasi lain seperti taksi atau DAMRI. Oleh karena itu, kamu bisa mempersiapkan keberangkatan dengan lebih santai dan tenang.

    Kapasitas penumpang kereta bandara pun lebih banyak dengan interval keberangkatan yang lebih intens. Dengan demikian, jadwal yang bisa kamu pilih pun akan lebih fleksibel.

    Nah, itulah beberapa alasan menggunakan kereta bandara sebagai sarana transportasi menuju bandara. Sama seperti membeli tiket pesawat di https://www.traveloka.com/id-id/tiket-pesawat, kamu juga bisa mendapatkan tiket kereta bandara di aplikasi.

    Jangan lewatkan juga promo spesial 12.12 dari Traveloka, kamu bisa berburu tiket pesawat dengan harga yang ramah di kantong dan diskon menarik! Terbang hemat di Indonesia dengan diskon hingga 600 ribu! Yuk, langsung saja cek promo lengkapnya di Traveloka Lifestyle SuperApp!

    Editor Team

    COMMENT