Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 21 2021

    Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mencuci Sepeda

    Kawula Muda, tips berguna nih buat dipraktikkan.

    Bersepeda (UNSPLASH/FLO KARR)

    Siapa yang tidak ingin sepedanya selalu terlihat bersih dan terawat? Salah satu cara untuk merawat sepeda agar tetap bersih adalah dengan mencucinya. Namun, jangan sampai sepeda kalian rusak gara-gara mencuci dengan cara salah ya.

    Ada beberapa hal yang pantang dilakukan saat mencuci sepeda nih. Apa saja?

    1.  Merendam sepeda

    Meski tidak umum, tapi ada sejumlah orang yang menggunakan cara ini agar mencuci sepeda lebih mudah dan cepat. Namun, cara ini akan membuat lebih banyak air masuk ke dalam frame dan merembes ke komponen lain seperti sela-sela baut dan hub.

    Hal ini akan berpotensi membentuk korosi atau karat, karena bagian-bagian tersebut cukup sulit untuk dikeringkan.

    2. Membalikkan sepeda

    Sejumlah orang juga menggunakan cara ini untuk memudahkan mencapai area-area yang sulit. Tetapi, cara ini beresiko menyebabkan goresan pada jok dan bagian-bagian lain pada kerangka.

    Selain itu, membalikkan sepeda juga akan membuat rem hidrolik tidak berfungsi sementara. Cara terbaik adalah dengan menyandarkan sepeda ke dinding.

    SEPEDAAktivitas bersepeda. (FREEPIK.COM)

     

    3. Menggunakan satu buah spons

    Karena alasan irit, banyak orang memilih menggunakan satu buah spons yang dipakai untuk membersihkan seluruh bagian sepeda. Padahal setiap bagian sepeda memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

    Akan lebih baik jika menggunakan minimal dua spons untuk mencuci sepeda. Satu spons digunakan untuk mencucui bagian inti seperti frame, rodam, dan fork, sedangkan spons lainnya digunakan untuk bagian berminyak seperti rantai, rear derailleur (RD), dan crankset. 

    4. Menggunakan washer bertekanan tinggi

    Washer bertekanan tinggi menyemburkan air dengan sangat kuat dan biasanya digunakan untuk mencuci mobil. Alat ini memang efektif untuk mencuci mobil, namun semburan air yang keluar dari alat ini terlalu kuat bagi sepeda.

    Alat ini memang dapat menghilangkan kotoran bahkan di area sulit sekalipun seperti di bagian drivetrain. Namun, alat ini berisiko merusak bagian lain seperti pengelupasan sticker, terangkatnya cat yang mengelupas, dan membuat air masuk ke dalam komponen.

    Pelumas pada rantai juga akan banyak hilang karena alat ini, jadi jangan heran jika usai mencuci sepeda kalian akan mendapati bunyi derit yang menganggu dari bagian rantai.

    ...

    Cieee nemu passwordnya untuk 22 Januari 2021! Nah Kawula Muda ini passwordnya ya. Jadi nanti pas ditelepon Prambors jawabnya jangan halo, tapi "IKAN HIU MAKAN TOMAT, PRAMBORS BAIK AMAT".

    Kalo nanti jawab halo, kamu otomatis gagal. Tapi, kalo langsung jawab passwordnya, kamu semakin dekat buat dapetin sepeda dari United Bike!!!! Good luck ya!

    Editor Team

    COMMENT