Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 22 2022

    Kiat-kiat agar Rajin Mengerjakan Skripsi

    Skripsi lo udah sampe bab berapa?

    Ilustrasi mahasiswa (UNSPLASH/Javier Trueba)

    Terkadang, mengerjakan skripsi bukanlah suatu hal yang mudah. Ada persiapan-persiapan yang harus Kawula Muda siapkan terlebih dahulu agar bersemangat untuk mengerjakan skripsi. 

    MAHASISWAIlustrasi mahasiswa belajar menggunakan laptop. (FREEPIK)

     

    Berikut beberapa kiat-kiat yang mungkin dapat lo pakai supaya semangat mengerjakan skripsi. Semoga cepat lulus, Kawula Muda!

    Ingat Tujuan Awal

    Dorongan niat untuk mengerjakan skripsi akan paling besar apabila datang dari dalam diri sendiri. Karena itu, kalau sudah mulai lelah, tetap ingat tujuan awal lo buat skripsi ya, yaitu supaya lulus. Jangan terlalu lama kuliah Kawula Muda, ingat biaya kuliah itu mahal!

    Membuat Kerangka Deadline

    Skripsi dapat dikatakan menjadi ajang bagi mahasiswa untuk bekerja secara mandiri. Sayangnya, sulit rasanya untuk tetap mengontrol pekerjaan apabila tidak diawasi oleh pihak eksternal. Karena itu, akan lebih baik apabila Kawula Muda menetapkan rentang waktu maksimal suatu bab selesai. Dengan begitu, lo memiliki target yang jelas dan tidak merasa ‘overwhelmed’ dengan banyaknya hal lain yang harus dilakukan. 

    Kerjakan Secepat Mungkin

    Jangan menunda-nunda adalah kunci penting dalam membuat skripsi, bahkan untuk bagian kecil sekalipun. Hal itu dikarenakan semakin lo menunda, maka rasa malas untuk menyelesaikan bagian-bagian kecil tersebut akan semakin besar. Karena itu, biasakanlah untuk mengerjakan skripsi lo secepat mungkin. Kemudian, apabila mendapat revisi, langsung dibuat juga ya, Kawula Muda! 

    Memilih Topik yang Disukai

    Mengingat topik skripsi dapat ditentukan secara mandiri, sekalian saja pilih topik yang lo suka Kawula Muda! Apabila topik yang dipilih adalah hal yang lo suka, tentu akan semakin meningkatkan mood untuk mengerjakan skripsi. 

    Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Dosen Pembimbing

    Hidup dan mati skripsi seorang mahasiswa ada di tangan dosen pembimbing. Karena itu, berusahalah untuk menciptakan komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing lo. Selain itu, tidak sedikit pula mahasiswa yang malas mengerjakan skripsi karena malas dengan sang dosen pembimbing. Karena itu, berusahalah untuk memberi sikap menyenangkan dan tidak membuat dosen pembimbing lo kesal ya, Kawula Muda! Bisa jadi, dosen pembimbing malah menjadi pihak yang berjasa supaya lo cepat lulus. 

    Itu dia lima kiat yang semoga saja bisa membantu lo untuk niat mengerjakan skripsi. Semangat ya! 

    Editor Team

    COMMENT