Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 19 2022

    Mau Jadi Steve Jobs Baru? Daftar ke Steve Jobs Schools di Belanda Ini

    Hai Kawula Muda, siapa yang pengin jadi kayak Steve Jobs?

    Suasana belajar di Steve Jobs Schools di Belanda. (NEWS18)


    Siapa yang tidak kenal Steve Jobs? Tokoh di balik Apple Inc. dan menginspirasi banyak orang ini ternyata juga telah menginspirasi lahirnya model sekolah baru, seperti yang terdapat di Belanda.

    Tidak tanggung-tanggung, ada 7 sekolah berlabel “Steve Jobs Schools” di negeri kincir angin tersebut. Sekolah yang didirikan oleh perusahaan milik mendiang Steve Jobs itu terletak di Sneek, Breda, Almere, Emmen, Heenvliet, dan Amsterdam.

    Steve Jobs Schools adalah sekolah yang dalam kegiatan belajar-mengajarnya dilakukan dengan memanfaatkan produk-produk buatan Apple.

    Memanfaatkan teknologi dan serba virtual

    Tidak seperti sekolah pada umumnya yang menggunakan papan tulis, spidol, dan perangkat khas sekolah lainnya, di sini setiap murid akan menggunakan iPad sebagai sarana belajar mereka.

    Selain penggunaan iPad, yang menarik dari sekolah ini juga adalah adanya halaman sekolah virtual bernama sCoolSace.

    Dengan halaman virtual ini siswa dan guru bisa bertemu kapan saja. Masing-masing guru dan murid akan memiliki avatar, dengan ini mereka dapat saling berkomunikasi melalui FaceTime atau pesan teks.

    STEVE JOBS SCHOOLSSuasana belajar mengajar di Steve Jobs Schools di Belanda. (NEWS18)

     

    Bagi para orang tua juga disediakan iDesk Learning Tracker untuk melakukan kontrol terhadap pelajaran anaknya.

    iDesk Learning Tracker siap memberikan informasi tentang beragam hal, seperti berapa lama anak berada dalam satu aplikasi, sudah berapa level yang mereka capai, dan bagian mana yang masih perlu dibantu oleh orang tua.

    Bahkan, iDesk Learning Tracker bisa membantu orang tua melihat kemampuan anak dibandingkan dengan anak lainnya, dan rata-rata nilai anak seumuran mereka.

    Kurikulum sekolah

    Lembaga The Education for a New Era Foundation atau O4NT yang menjadi partner kerja Apple dalam mendirikan sekolah ini menyatakan, dengan menggunakan kurikulum berbasis iPad akan sangat membantu dalam memenuhi 58 tujuan inti yang telah dicanangkan oleh kementrian pendidikan Belanda.

    Sekolah ini juga telah dibuka sejak 2013, jauh sebelum adanya pandemi Covid-19 dan sebelum diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh hampir di seluruh dunia.

    Steve Jobs Schools hadir dengan kurikulum khusus untuk anak berusia 4-12 tahun. Sekolah ini tidak memiliki ruangan kelas dan tidak ada buku. Anak-anak juga bisa belajar dari rumah dan tidak ada jam tetap untuk belajar.

    Wah, keren!

    Editor Team

    COMMENT