Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 03 2022

    Mengapa Warna Hijau, Kuning, dan Biru Identik dengan Lebaran?

    Apa warna favorit lo pas lebaran, Kawula Muda?

    Ketupat berwarna kuning juga identik dengan perayaan lebaran di Indonesia (UNSPLASH/Mufid Majnun)

    Menjelang lebaran, tidak heran semakin banyak ditemukan hiasan-hiasan yang bertema Ramadan. Mulai dari spanduk ucapan di sepanjang jalan, hingga hiasan ketupat di rumah-rumah. Namun, jika diperhatikan, mayoritas hiasan tersebut berwarna hijau, kuning, ataupun biru.

    Memangnya, mengapa Lebaran identik dengan warna-warna tersebut?

    LebaranIlustrasi ketupat sebagai salah satu hiasan favorit saat Lebaran (UNSPLASH/Mudfid Majnun)

     

    Hal itu pun dijawab oleh desainer interior Ayu Sawitri Joddy. Ia mengatakan warna memang memberikan efek psikologis kepada semua orang, termasuk saat memilih warna untuk Idul Fitri. 

    "Biasanya di Indonesia warna kuning, hijau, biru dianggap berkaitan erat dengan semangat Idul Fitri. Warna biru memberikan efek menenangkan dan menyejukkan, warna hijau memberikan kesan natural dan hangat, sedangkan warna kuning memberi efek menyenangkan dan energi ke dalam rumah," tuturnya dikutip dari Republika. 

    Warna hijau yang banyak ditemukan selama masa Ramadan juga memang telah menjadi warna favorit saat perayaan lebaran. Hal itu dikarenakan warna tersebut menghadirkan kesan sejuk, santai, dan menyenangkan. 

    Karena itulah, warna hijau banyak digunakan sebagai dekorasi interior. Sebut saja daun-daun tanaman yang dipajang hingga hiasan ketupat kecil yang tersebar di dalam rumah. Warna tersebut dianggap cocok untuk menyambut tamu yang datang. 

    Sementara itu, warna biru cocok menjadi pilihan dekorasi di ruangan yang sempit. Hal itu dikarenakan warna biru memberi kesan efek yang luas dan elegan. Secara umum pun, warna biru dapat diasosiasikan dengan keadaan yang tenang dan damai. 

    Selain hijau dan biru, ada pula kuning yang banyak dijadikan warna favorit saat lebaran. Hal itu tercermin dari dekorasi hingga baju lebaran yang banyak menggunakan warna kuning. 

    Secara ilmiah, warna ini memang dapat meningkatkan hormon serotonin. Adapun hormon tersebut berfungsi untuk menghasilkan perasaan bahagia. 

    Apa warna favorit lo pas lebaran, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT