Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 13 2021

    Rutin Pakai 5 Resep Masker Alami Ini, Bekas Jerawat Dijamin Hempas

    Kawula Muda, siapa yang lagi berusaha hilangin bekas jerawat juga?

    Ilustrasi menggunakan masker wajah alami. (PIXABAY)

    Kawula Muda, tentunya melegakan, ya, ketika melihat sebuah jerawat akhirnya hempas dari wajah. Namun, masalah kamu belum selesai sampai di situ jika jerawat meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan.

    Tidak perlu skin care mahal, sebenarnya banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

    Melansir CNN Indonesia, setidaknya ada 5 resep masker alami yang mudah dibuat dan dicari, lho! Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini.

    1. Putih telur dan buah beri

    Ilustrasi putih telurIlustrasi putih telur. (PIXABAY)

     

    Putih telur memang menjadi salah satu bahan makanan yang punya banyak manfaat saat dimasak maupun tidak. Putih telur memiliki asam amino dan protein yang bisa membantu pertumbuhan sel baru pada kulit. 

    Selain itu, putih telur juga dipercaya bisa menutup pori-pori. Sementara buah beri mengandung asam salisilat yang mampu menghapus bekas jerawat.

    Campurkan 1 putih telur dengan buah beri seperti stroberi atau bluberi, kemudian aduk dan hancurkan buah beri tersebut hingga membentuk adonan pasta.

    Aplikasikan ke kulit wajah secara merata dan diamkan selama 5 menit. Kemudian, bilas wajah kamu hingga bersih.

    2. Kunyit, susu, dan madu

    Ilustrasi kunyitIlustrasi kunyit. (PIXABAY)

     

    Kawula Muda, tahu enggak, sih, kalau kunyit merupakan rempah yang baik untuk kulit? Kunyit diketahui berperan aktif dalam antibakteri, antiinflamasi, serta antioksidan yang tentunya bisa menghilangkan bekas jerawat kamu, lho.

    Sementara itu, susu memiliki kandungan asam laktat di dalamnya yang mampu mengeksfoliasi kulit kamu. Kombinasi antara kunyit, susu, dan madu juga bisa jadi senjata ampuh untuk cegah penuaan.

    Caranya pun sangat mudah. Cukup campurkan 1 sdt bubuk kunyit, 2 sdt susu, dan 1 sdt madu. Setelah itu, tinggal aplikasikan ke wajah dan diamkan sekitar 10 hingga 15 menit.

    Jangan lupa untuk bilas hingga bersih dan gunakan 2-3 kali seminggu, ya!

    3. Alpukat

    alpukatIlustrasi alpukat. (PIXABAY)

     

    Terkenal dengan khasiatnya untuk tubuh, alpukat juga memiliki manfaat yang baik untuk wajah, lho. Pasalnya, alpukat memiliki vitamin A, B, C, K, dan E. Vitamin yang sangat baik untuk kulit.

    Pun alpukat sering menjadi bahan organik andalan orang-orang dengan wajah berminyak, karena mampu mengurangi produksi sebum di wajah, mengutip Liputan6 pada Senin (13/9/2021).

    Hancurkan alpukat hingga membentuk adonan dan aplikasikan langsung ke kulit secara merata.

    4. Lidah buaya dan kunyit

    Ilustrasi lidah buayaIlustrasi lidah buaya. (PIXABAY)

     

    Melansir The Curious Millenial, tumbuhan lidah buaya sangat ampuh untuk menenangkan kulit yang sedang iritasi. Pun lidah buaya memiliki kandungan asam salisilat yang mampu basmi jerawat dan bekas jerawat.

    Campurlah lidah buaya dan kunyit masing-masing 1 sendok teh. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke kulit wajah kamu. Biarkan selama 10-15 menit dan cuci hingga bersih, ya.

    5. Madu

    Ilustrasi maduIlustrasi madu. (PIXABAY)

      

    Jika kamu mencari resep masker organik yang sangat sederhana, tentunya resep ini sangat cocok untuk kamu. Madu dipercaya kaya antioksidan dan antiiflamasi yang pastinya bisa meredakan iritasi kulitmu.

    Tanpa menggunakan bahan lain, aplikasikan madu ke kulit kamu, kemudian diamkan selama 10 hingga 15 menit atau hingga kering. Jangan lupa untuk bilas hingga bersih, ya

    Jangan lupa untuk melakukannya dengan rutin, ya, Kawula Muda, karena "nothing good comes easy".

    Editor Team

    COMMENT