Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 08 2021

    Salah Satu Kunci Sukses, Kuasai Banyak Bahasa!

    Kawula Muda, ada berapa bahasa yang kalian kuasai?

    Aktris Amerika Serikat, Natalie Portman. (INSTAGRAM/NATALIE PORTMAN)

    Siapa pun yang tertarik mempelajari kehidupan dan kebiasaan orang-orang sukses, kemungkinan dapat mengidentifikasi sejumlah ciri umum. Pertama, mereka pekerja keras dan ulet. Kedua, mereka tidak membiarkan kegagalan dan kemunduran menghalangi mereka.

    Lalu yang ketiga, sebagian besar dari mereka mengetahui lebih dari satu bahasa. Berbicara dalam berbagai bahasa tidak hanya bagus untuk membuat orang terkesan. Otak multibahasa juga lebih tajam secara mental dan lebih baik dalam multitasking.

    Jika belum juga percaya bahwa mempelajari bahasa kedua bisa membuat seseorang lebih berbudaya dan sukses, mungkin deretan pesohor ini bisa menjadi inspirasi.

    Mark Zuckerberg 

    MARK ZUCKERBERGPebisnis Amerika Serikat, Mark Zuckerberg. (INSTAGRAM/MARK ZUCKERBERG)

     

    Kisah kekayaan Mark Zuckerberg telah dipublikasikan dengan baik dan diketahui oleh banyak orang. Dari situ bisa terlihat bagaimana penguasaannya terhadap bahasa Mandarin telah membantunya selama ini.

    Zuckerberg mengatakan bahwa dia belajar bahasa itu setiap hari untuk berkomunikasi lebih baik dengan keluarga istrinya. Namun, ada spekulasi bahwa dia mungkin juga belajar bahasa Mandarin untuk alasan bisnis (seperti kemungkinan negosiasi dengan pemerintah China terkait larangan Facebook).

    Shakira

    SHAKIRAPenyanyi Kolombia, Shakira. (INSTAGRAM/SHAKIRA)

     

    Tidak hanya mahir menggoyangkan pinggul, Shakira memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan cukup lancar dalam bahasa Spanyol, Portugis, Inggris, Prancis, dan Italia.  Hasilnya, dia berhasil menjual ratusan juta rekaman di seluruh dunia.

    Dia juga diangkat sebagai Komisi Penasihat Presiden tentang Keunggulan Pendidikan untuk Hispanik pada 2011, dan masuk dalam daftar 100 Perempuan Paling Kuat versi Forbes.

    Sebagai seorang ibu, Shakira  juga memastikan bahwa putranya, Milan, tumbuh dengan cara yang sama. Saat ini Milan diwajibkan mempelajari bahasa Spanyol, Catalan, Inggris, Prancis, Jerman, Rusia, dan Cina.

    Natalie Portman

    undefinedImage Caption

     

    Lahir di Yerusalem dari ayah Israel dan ibu Amerika, Natalie Portman mempertahankan kewarganegaraan ganda hingga hari ini. Selain fasih berbahasa Ibrani dan Inggris, dia juga fasih berbicara dalam bahasa Spanyol, Prancis, Jerman dan Jepang. Aktris pemenang Academy Award ini telah melakukan perjalanan ke negara-negara seperti Uganda, Guatemala, dan Ekuador untuk mengampanyekan pemberdayaan kaum wanita.

    Novak Djokovic 

    NOVAK DJOKOVICPetenis Serbia, Novak Djokovic. (INSTAGRAM/NOVAK DJOKOVIC)

     

    Dari dunia olahraga, petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic, adalah salah satu yang bisa berkomunikasi dengan baik dalam beberapa Bahasa. Selain bahasa Serbia, yang merupakan negara asalnya, Novak juga fasih berbahasa Inggris, Jerman, Prancis dan Italia. Dia juga tahu beberapa frase dalam bahasa Arab, Jepang, Spanyol, Rusia, China, dan Portugal.

    Novak memang dikenal sangat antusias dalam mempelajari Bahasa asing. Kemampuan multitasking-nya memang luar biasa, di dalam maupun di luar lapangan.

    Madeleine Albright

    Sebelum menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS, Madeleine Albright sudah memiliki kemampuan multibahasa yang pada akhirnya memperkuat kariernya dalam bidang diplomasi internasional.

    Lahir di Praha dan tumbuh besar berbicara bahasa Ceko, Albright juga belajar bahasa Serbia-Kroasia, Inggris, Prancis, dan Rusia.

    Albright adalah bukti bahwa penelitian yang ditemukan di Institute of Medical sciences di Hyderbad, India, menunjukkan bahwa orang-orang yang berbicara multi bahasa bisa menunda timbulnya Alzheimer atau dimensia.

    Hal ini disebabkan oleh kontrol mental yang konstan dalam menggunakan berbagai bahasa, yang melatih otak dan membantu mencegah dari kemunduran. Terbukti, Albright di usia senjanya, menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah hubungan internasional AS.

    Editor Team

    COMMENT