Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 18 2022

    Sebelum Liburan, Simak Segala Hal yang Enggak Boleh Lo Lakukan di Singapura

    Ketat Banget, Kawula Muda

    Singapura (KOMPAS)

    Liburan ke luar negeri adalah mimpi bagi banyak orang. Kebetulan, Singapura merupakan salah satu negara tetangga yang paling dekat dengan Indonesia. Singapura sendiri bisa menawarkan kamu suasana yang berbeda dengan jarak yang dekat dari Indonesia. 

    Singapura merupakan negara kecil dengan dipenuhi berbagai macam budaya. Hal ini bisa terjadi karena Singapura dipenuhi oleh para imigran dan pendatang. Namun demikian, Singapura merupakan negara yang terkenal dengan kedisiplinannya. Banyak peraturan ketat yang ditegakkan di sana demi menjaga ketertiban dan keamanan negara tersebut. 

    1. Dilarang Membuang Sampah Sembarangan

    SampahIlustrasi sampah yang ditinggalkan (iSTOCK)

     

    Aturan yang sebenarnya juga ada di Indonesia namun kerap dilanggar warganya ini juga merupakan peraturan yang ada di Singapura dan ditegakkan dengan tegas. Denda dari melanggar aturan ini mencapai Rp 3 juta.

    2. Dilarang Menggunakan WiFi Orang Lain Tanpa Izin

    Ketika WiFi kita digunakan orang secara sembarangan dan tanpa izin memang terasa menyebalkan. Aturan ini melindungi kita dari kejadian seperti ini. Di Singapura, melanggar aturan ini bisa disebut pencurian dan dapat dilaporkan.

    3. Dilarang Menyeberang di Tempat Sembarangan

    zebra crossilustrasi zebra cross (unsplash/henry&co)

     

    Di Indonesia sendiri masyarakatnya masih banyak yang menyeberang jalan secara sembarangan meskipun di sekitarnya terdapat zebra cross atau jembatan penyeberangan. 

    4. Dilarang Mengambil Foto Orang Tanpa Izin

    fotografiilustrasi memotret orang tanpa izin (unsplash/Ćeline Druguet)

     

    Kerap kali kita ingin mendokumentasikan apa-apa saja yang kita lihat ketika sedang bepergian dalam liburan. Di Singapura lo harus berhati-hati dan lebih beretika dalam memotret. Hal ini dikarenakan memotret orang secara sembarangan tanpa meminta izin bisa membuat lo dilaporkan ke pihak berwajib.

    5. Dilarang Membawa dan Memakan Durian di Tempat Umum

    durianilustrasi membawa durian di tempat umum (unsplash/mufid majnun)

     

    Durian yang memiliki julukan raja buah ini merupakan makanan yang populer di Indonesia. Berbeda dengan Singapura yang justru melarang siapa pun untuk membawa dan memakan durian di tempat umum. Hal ini dikarenakan bau durian yang dianggap terlalu menyengat.

    6 .Dilarang Merokok di Tempat Umum

    merokokilustrasi merokok di tempat umum (unsplash/lilartsy)

     

    Banyaknya jumlah perokok di Indonesia menjadikan kita terbiasa dengan pemandangan seorang merokok di mana pun itu di setiap sudut kota. Berbeda dengan Singapura, di sana merokok di tempat umum dilarang dan hanya diperbolehkan merokok di tempat yang disediakan.

    7. Dilarang Membawa dan Menggunakan Vape

    vapeilustrasi menggunakan vape (unsplash/elsa donald)

     
    Berbeda dengan rokok yang meskipun dibatasi namun masih difasilitasi, Singapura justru melarang penggunaan rokok elektrik termasuk vape. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan pengendalian produk tembakau. Kalau lo berniat untuk menyelundupkan vape ke Singapura, kamu bisa dikenai denda senilai lebih dari Rp 20 juta.

    Kalau lo sudah paham dengan aturan di atas, tandanya lo sudah siap liburan ke Singapura, Kawula Muda. Buat lo yang mau liburan ke Singapura sambil nonton F1 Singapore dan konser gratis yang dimeriahkan oleh The Kid Laroi, Green day, Black Eyed Peas, Westlife sampai Marshmello. Prambors lagi bagi-bagi tiketnya di Konser Bintang Jatuh (KBJ) untuk dua Kawula Muda yang beruntung, loh!

    Caranya mudah, klik link di sini lalu ikuti kuisnya!  

    Editor Team

    COMMENT