Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 27 2022

    Sejarah Musik Jazz yang Kawula Muda Perlu Tahu!

    Kawula Muda, apa yang lo tahu tentang musik jazz?

    Musik Jazz (LIVE ABOUT)

    Musik jazz sebenarnya sudah dikenal pada akhir abad 19 hingga awal abad 20. Banyak yang percaya, jazz bermula dari tradisi musik Afrika dan Eropa. Biar tahu lebih lanjut, simak sejarah musik jazz, yuk!

    Istilah kata 'jazz' pertama kali digunakan sebagai istilah musik pada tahun 1915 di Chicago, Amerika. Jika melihat dari definisi, menurut Concise Oxford English Dictionary Revised Edition 2006, jazz adalah jenis musik yang berasal dari orang Amerika kulit hitam yang menonjolkan improvisasi, sinkopasi, ritme, dan diiringi dengan instrumen khusus.

    Menurut Spinditty, musik dapat dikatakan sebagai musik jazz ketika terdapat harmoni, ritme, dan melodi yang berirama. Selain itu, musisi juga bisa menambahkan musik swing dan improvisasi.

    Musik JazzMusik Jazz (HISTORY TODAY)

     

    Sejarah musik jazz berangkat dari musik tradisional Amerika Serikat yang dikembangkan oleh warga Afrika-Amerika di Amerika Selatan.

    Musik Afrika memberikan pengaruh dalam musik jazz yaitu ritme yang terus menerus dan pergerakan emosi yang begitu kental untuk karakter di musik jazz.

    Teriakan budak Afrika di Amerika, menjadi kombinasi dalam musik jazz hingga menjadi gaya dari musisi New Orleans. Kemudian berkembang menjadi blues dan jenis musik baru.

    Berkembang menyesuaikan keadaan zaman, musik jazz muncul dengan karakteristik masing-masing. Mulai dari tahun 1892 hingga aliran musik Dixieland yang menjadi pengaruh dalam perkembangan musik jazz di dunia pada 1917.

    Berkembang luas di dunia, musik jazz juga masuk di Indonesia. Musik bossa nova sempat hits di tanah air oleh Rafika Duri yang memainkan tembang lawas. Padahal, musik bossa nova berasal dari Brazil dari musik jazz dan samba.

    Hingga salah satu sub-aliran jazz yang masih bertahan dan digemari hingga sekarang adalah jazz fusion.

    Populer di era 60-an, aliran jazz fusion ini pertama kali muncul ketika beberapa band rock mencoba mencampur unsur jazz ke dalam musik rock mereka.

    Kemudian ada juga Herbie Hancock, unsur rock, aliran funk, disko, dan musik elektronik tercampur di dalamnya dan membuat irama yang asyik.

    Editor Team

    COMMENT