Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 10 2021

    Simak Langkah-langkah Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20, Jangan Sampai Salah!

    Kawula Muda, akhirnya Kartu Prakerja Gelombang 20 sudah dibuka nih!

    Ilustrasi Kartu Prakerja. (Dok. LIPUTAN6)

    Kawula Muda, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 telah resmi dibuka pada Kamis (9/9/2021). Peserta yang lolos nantinya bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah senilai Rp3,55 juta. 

    Program bantuan sosial ini digulirkan pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Adapun bantuan Rp3,55 juta itu akan kamu dapatkan dengan rincian sebagai berikut:

    1. Dana pelatihan senilai Rp1 juta
    2. Insentif pasca pelatihan senilai Rp600.000 per bulan selama 4 bulan
    3. Insentif dari pengisian tiga survei total Rp150.000 

    Namun, perlu diingat, ya, Kawula Muda. Tidak semua orang bisa lolos program Kartu Prakerja Gelombang 20 ini, mengingat harus menjalani seleksi seperti tes motivasi dan tes kemampuan dasar. 

    Tes motivasi dan kemampuan dasar Kartu PrakerjaTes motivasi dan kemampuan dasar Kartu Prakerja. (Dok. INFOKOMPUTER)

     

    Selain itu, faktor-faktor yang sering dijumpai adalah peserta telah menerima bantuan dari pemerintah sebelumnya, masih berstatus pelajar atau mahasiswa, pernah lolos dalam Kartu Prakerja sebelumnya, tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, serta tidak kebagian kuota yang ditentukan yaitu 800.000 orang.

    Melansir KOMPAS.com, ada beberapa langkah yang harus dijalani untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Kartu Prakerja Gelombang 20, yaitu sebagai berikut:

    1. Kunjungi website www.prakerja.go.id 
    2. Klik menu "Daftar Sekarang" di pojok kanan atas jika belum memiliki akun
    3. Isi alamat email dan kata sandi
    4. Centang pertanyaan di bawahnya dan klik "Buat Akun"
    5. Untuk mengaktifkan akun, verifikasi akun dengan klik link yang telah dikirimkan ke email
    6. Setelah akun dinyatakan aktif, klik "Masuk" dan isi email dan kata sandi
    7. Ketuk "Gabung" untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja
    8. Verifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir, kemudian klik "Berikutnya". Pendaftar akan diminta mengisi ulang jika adanya kesalahan data.
    9. Lengkapi data diri seperti alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat tinggal saat ini, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang ditamatkan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan yang ingin diikuti
    10. Unggah foto atau scan KTP di bagian kanan bawah dan klik kotak kiri bawah yang berisi: "Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya"
    11. Klik "Lanjutkan" dan verifikasi nomor ponsel
    12. Setelah memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan ke nomor HP yang aktif, klik "Kirim"
    13. Pendaftar akan diberikan pertanyaan sebagai berikut: "Apakah saat ini Anda menganggur?". Isi semua pertanyaan dan ketuk "Oke"

    Pada tes motivasi dan kemampuan dasar, peserta diperbolehkan untuk menyediakan kertas dan alat tulis untuk mencoret-coret saat menyelesaikan soal. 

    Langkah untuk mengikuti tes motivasi pun sangat mudah. Cukup klik "Mulai Tes Sekarang" dan kamu akan diarahkan untuk mengikuti tes. 

    Setelah mengikuti tes, evaluasi hasil tes akan memakan waktu maksimal 5 menit. Jika kamu belum melihat perubahan, kamu bisa memuat ulang laman tersebut dengan klik tombol "Refresh".

    Good luck, ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT