Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 08 2021

    Afgan Lakukan Hal Tidak Biasa untuk Kolaborasi Terbarunya Bersama B.I di “Lost At Sea”

    Kawula Muda, ini menjadi kali kedua Afgan berkolaborasi dengan musisi K-Pop.

    Penyanyi Indonesia, Afgan. (INSTAGRAM/AFGAN)

    Musisi muda Indonesia, Afgan, beberapa waktu lalu baru saja meluncurkan kolaborasi terbarunya dengan musisi K-Pop, Kim Han Bin alias B.I eks iKON dalam single baru berjudul Lost At Sea (Illa Illa).

    Lagu tersebut dirilis pada 1 Oktober 2021 pukul 11.00 WIB di berbagai platform musik. Tak hanya Afgan, B.I juga menggandeng musisi yang berbasis di Inggris, Bipolar Sunshine sebagai kolaborator. Mereka bekerja sama untuk membuat lirik lagu Lost At Sea yang merupakan versi remix dari lagu milik B.I berjudul Illa Illa yang dirilis pada 1 Juni 2021. 

    Mengutip dari Detikhot, Afgan merasa dirinya sangat bangga karena dapat bekerja sama dengan salah satu eks member iKON itu.

    “Rasanya bangga pastinya, karena dia artis yang keren, talented, dan aku kagum padanya dan artistry-nya. Menurutku, walaupun aku dan B.I belum pernah berkenalan secara langsung dan hanya secara visual, dia adalah orang yang humble dan very human,” ujar Afgan, seperti yang dikutip dari Detikhot.

    Namun, ada yang menarik dari kolaborasi Afgan dengan B.I kali ini. Karena untuk pertama kalinya Afgan melakukan hal yang tak biasa ia lakukan sebelumnya. Untuk kolaborasinya ini, Afgan menunjukkan kemampuan rap-nya yang tak pernah ia tunjukkan.

    “Karena lagunya sudah jadi, jad tim B.I tinggal membagi bagiannya saja untuk aku dan Bipolar Sunshine. Nah, aku kebagian nge-rap-nya gitu. Awalnya kaget dan nervous, karena ini di luar comfort zone aku dan aku jarang nyanyi cepat, apalag nge-rap,” cerita Afgan.

    “Tapi, aku menyakinkan diriku that I’m gong to do it my way. Jadi, aku nge-rap dengan sedikit ada melodi dan aku ganti beberapa melodi yang bisa memberi warna lebih dalam. Ini juga menjadi pembelajaran buatku kalau ternyata, aku bisa melakukan style lain dalam menyanyi,” ungkap Afgan, mengutip Detikhot.

    Kemampuannya itu pun ia tunjukkan saat ia tampil dalam konser virtual yang digelar oleh B.I pada 3 Oktober 2021. Sebagai satu-satunya penyanyi Indonesia yang dapat tampil di konser tersebut, Afgan mengaku melakukan berbagai persiapan untuk dapat memberikan yang terbaik.

    “Saat pertama kali ditawari untuk menjadi guest performer di konser B.I dan melihat line up-nya yang keren-keren, I’am very honored. Persiapannya singkat banget, sekitar dua minggu, dan aku harus berpikir cepat konsepnya akan seperti apa. Hasilnya, kita ingin menghadirkan sesuatu yang simple tapi seru, banyak bermain lightings, dan bold dengan dark twist karena sesuai dengan visual album aku,” cerita Afgan.

    Sementara itu, menurut B.I, dia sangat tertarik dengan sosok Afgan setelah mendengarkan musik-musik karya penyanyi pria kelahiran 27 Mei 1989 tersebut.

    “Aku selalu mendengarkan musik dari seluruh dunia agar aku dapat berkembang sebagai produser. Aku pikir, Indonesia adalah salah satu negara yang paling beragam budayanya di Asia, terutama dalam hal musik, dan aku belajar banyak dari mendengarkan musik yang dibuat oleh seniman Indonesia. Ketika aku pertama kali mendengar suara Afgan, getaran jiwanya benar-benar membuatku terkesan,” ujar B.I

    B.I juga menuturkan bahwa ada beberapa hal yang membuatnya ingin berkolaborasi dengan Afgan adalah passion yang dimiliki oleh pelantun Terima Kasih Cinta itu. Afgan juga sangat detail dalam mengerjakan karyanya dan mereka berdua sama-sama memiliki kecintaan yang besar terhadap musik.

    Editor Team

    COMMENT