Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 27 2021

    Dinilai Mirip “Misery Business”, Olivia Rodrigo Akhirnya Kreditkan Paramore di Lagu “Good 4 U”

    Kawula Muda, Hayley dan Josh awalnya tidak mendapat kredit apapun untuk "Good 4 U".

    Penyanyi Amerika Serikat, Olivia Rodrigo. (INSTAGRAM/OLIVIA RODRIGO)

    Selang tiga bulan setelah merilis single Good 4 U, Olivia Rodrigo akhirnya menambahkan pentolan Paramore, Hayley Williams, dan mantan gitarisnya, Josh Farro, sebagai penulis lagu tersebut.

    Hayley dan Josh awalnya memang tidak mendapat kredit apapun untuk single yang dirilis pada bulan Mei. Namun, nama mereka tiba-tiba dikreditkan setelah viralnya video TikTok yang menunjukkan mash up antara lagu Misery Business milik Paramore dan Good 4 U milik Olivia. Para penggemar menemukan adanya sejumlah kesamaan antara kedua lagu tersebut.

    @adamusic_

    olivia has entered her 2000s pop punk girl era and i’m here for it #fyp #oliviarodrigo #good4u #paramore #pop #remix #mashup #miserybusiness

    ♬ good 4 ur misery business by Adamusic - Adam Wright

    Tidak diketahui pasti kapan tepatnya Olivia memberikan kredit untuk Hayley dan Josh. Tetapi, Warner Chapell Music selaku publisher musik yang menaungi Hayley, membagikan unggahan di Instagram Story ketika merayakan pencapaian Good 4 U yang berhasil menduduki peringkat nomor satu di tangga lagu Top 40 Amerika Serikat.

    Dalam unggahan itu, Warner dengan bangga menyebut Hayley Williams dan Josh Farro sebagai penulis lagu dari album “Sour”.

    “Sanjungan yang tinggi untuk penulis kami, Hayley Williams dan Joshua Farro,” tulis Warner Chapell melalui Instagram Story pada Rabu (26/08/2021) sambil mengunggah foto sampul album “Sour”.

    Story tersebut kemudian diposting ulang oleh Hayley dengan menambahkan; “Publisher kami memang gila sekarang”.

    HAYLEY WILLIAMSTangkapan layar Instagram Story Hayley William. (INSTAGRAM/HAYLEY WILLIAMS)

     

    Melansir BBC, seorang sumber melaporkan bahwa tim dari kedua belah pihak telah berkomunikasi sebelum lagu tersebut dirilis. Mereka juga telah mengonfirmasi bahwa kredit untuk lagu Good 4 U sudah diperbarui untuk memasukan interpolasi Misery Business.

    "Kredit produksi sekarang telah diperbarui untuk memasukkan interpolasi Misery Business, bersama (Olivia) Rodrigo dan produser trek, Dan Nigro," kata sumber tersebut.

    Meski kredit Hayley dan Josh telah terdaftar di American Society  of Composers, Authors, and Publishers (ASCAP), tetapi kredit mereka belum muncul di layanan streaming seperti Tidal dan Spotify.

    Pemberian kredit kepada penulis lagu semacam ini sudah umum terjadi. Seringkali, hal ini dilakukan untuk menghindari tuntutan plagiarisme yang sangat mahal

    Kejadian seperti ini bukan pertama kalinya dialami Olivia. Pelantun Drivers License itu sebelumnya telah memberikan kredit kepada Taylor Swift dan Jack Antonoff sebagai penulis lagu 1 Step Forward, 3 Steps Back, karena menyisipkan melodi dari lagu Taylor berjudul New Year’s Day dari album “1989”.

    Bulan lalu, penyanyi berusia 18 tahun itu kembali memberikan kredit kepada Taylor dan Jack, ditambah St. Vincent, untuk lagu Deja Vu, karena bagian bridge lagu tersebut terinspirasi dari lagu Taylor, Cruel Summer.

    Olivia memang telah berulang kali menyebut Taylor sebagai artis yang paling diidolakan sekaligus sumber inspirasinya dalam membuat musik.

    Beberapa waktu lalu, Olivia juga dituduh mengambil bagian riff gitar dari hit 1978 milik Elvis Costello berjudul Pump It Up untuk digunakan di lagu Brutal. Namun, Elvis menepis komplain tersebut dan tidak mempermasalahkannya.

    “Itu tidak apa-apa bagiku. Begitulah cara kerja rock & roll. Kalian mengambil bagian-bagian dari lagu lain lalu membuatnya menjadi mainan baru. Seperti itulah yang aku lakukan,” kata bintang rock asal Inggris menanggapi.

    Editor Team

    COMMENT