Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 08 2022

    Dua Lipa Hadapi Tuntutan Hukum untuk Kedua Kalinya karena Lagu "Levitating"

    Kawula Muda, ada lagi nih tudingan plagiat ke Dua Lipa untuk lagu "Levitating"!

    Penyanyi asal Inggris - Dua Lipa. (Intagram/@dualipa)


    Musisi Dua Lipa hadapi tuntutan hukum kedua atas hak cipta lagu Levitating. Seminggu sebelumnya, grup reggae bernama Artikal Sound System mengajukan tuntutan atas pelanggaran hak cipta karena Dua Lipa dianggap mencontek lagu mereka yang berjudul Live Your Life.

    Tuntutan hukum kedua diajukan oleh duet penulis lagu L. Russell Brown dan Sandy Linzer pada Jumat 4 Maret 2022 di pengadilan federal Manhattan. Dalam tuntutannya, mereka menuduh bahwa Dua Lipa meniru melodi pembuka lagu Levitating dari lagu Wiggle and a Giggle All Night yang dibawakan Cory Daye dan lagu Don Diablo yang dibawakan penyanyi Miguel Bosé.

    Dalam tuntutan hukumnya, kedua penulis lagu tersebut juga menjelaskan bahwa chorus adalah bagian yang paling banyak didengarkan dan dikenal dari karya yang melanggar hukum serta memainkan peran penting dalam popularitas tergugat.

    Brown dan Linzer juga mengatakan bahwa Lipa telah mengakui bahwa dia sengaja meniru musik era sebelumnya dan mengambil inspirasi untuk menciptakan suara retro.

    "Sehingga dalam mencari inspirasi nostalgia, tergugat menyalin kreasi milik penggugat tanpa ijin," tulis kedua penulis lebih jauh dalam tuntutan hukumnya.

    Selain menuntut Dua Lipa, Russell Brown dan Sandy Linzer juga menggugat pihak label rekaman Warner Music serta musisi DaBaby yang ikut dalam proses pembuatan lagu Levitating.

    Pekan lalu, grup reggae asal Florida, Artikal Sound System telah mengajukan gugatan di Pengadilan Federal Los Angeles dan menuding Dua Lipa telah menyalin elemen dari  lagu mereka yang telah dirilis 2017 berjudul Live Your Life saat membuat Levitating (2020).

    Dalam tuntutan hukumnya, Artikal Sound System menjelaskan bahwa trek Levitating sangat mirip dengan lagu Live Your Life dan tidak mungkin dibuat secara independen tanpa meniru.

    Levitating merupakan lagu dalam album studio kedua Dua Lipa berjudul “Future Nostalgia” yang rilis pada 2020 dan mendapat sambutan baik dari para kritikus musik. Selain versi original, Levitating hadir dalam dua versi remix yang menampilkan Madonna dan Missy Elliot serta versi remix kedua yang menampilkan rapper DaBaby.

    Sementara itu, Dua Lipa kini tengah disibukkan dengan proyek kolaborasi bersama rapper Megan Thee Stallion yang rencananya akan rilis pada Jumat (11/03/2022).

    Editor Team

    COMMENT