Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 09 2022

    Ed Sheeran Klarifikasi Tuduhan ‘Shape Of You’ Menjiplak Lagu Sami Chokri

    Kawula Muda, ‘Shape Of You’ Ed Sheeran dituding menjiplak lagu milik Sami Chokri.

    Ed Sheeran bantah tuduhan 'Shape Of You' jiplak lagu Sami Chokri. (Billboard)


    Penyanyi serta penulis lagu Inggris Ed Sheeran menghadiri Pengadilan Tinggi London pada hari Senin (7/3/2022), ketika hak cipta dibuka atas tuduhan bahwa lagu hits-nya ‘Shape of You’ mengangkat frasa musik dari lagu lain.

    ‘Shape Of You’ diketahui rilis tahun 2017 dan menjadi hit besar bagi Sheeran, bahkan telah menjadi lagu yang paling banyak di Spotify dengan memiliki streaming lebih dari tiga miliar.

    Melalui lagu tersebut Ed Sheeran sempat memenangkan Grammy untuk penampilan Pop Solo Terbaik. Dia pun memiliki kredit menulis lirik lagu tersebut bersama dengan nama lain dari timnya.

    Namun dua penulis lagu lain, Sami Chokri dan Ross O’Donoghue menyatakan bahwa lagu ‘Shape of You’ memiliki kemiripan musik dengan lagu yang mereka tulis berjudul ‘Oh Why’.

    Perkara ini pun naik sampai ke meja pengadilan. Sebagai pelantun sekaligus penulis lagu 'Shape of You', Ed Sheeran menghadiri langsung persidangan dengan setelan jas dan dasi berwarna hitam untuk menyangkal tuduhan tersebut.

    Ed SheeranEd Sheeran menghadiri Pengadilan Tinggi London. (BBC)

     

    Pertarungan hukum atas kepemilikan lagu dari dua kubu musisi di pengadilan ini diperkirakan berlangsung selama tiga minggu dengan hakim Antony Zacaroli.

    Pengacara Andrew Sutcliffe yang mewakili Chokri dan O’Donoghue mengatakan kepada hakim bahwa, “Adanya kesamaan antara dua bait yang sangat mencolok dan lagunya terdengar sangat identik.” Sutcliffe juga mengatakan, ada banyak bukti yang menunjukkan Ed Sheeran sedang mengumpulkan ide sebelum menulis lagu.

    Sementara itu pengacara Ed Sheeran menyatakan kepada Pengadilan Tinggi bahwa dia (Ed Sheeran) dan rekan penulisnya tidak ingat pernah mendengar lagu ‘Oh Why’ pada saat itu (penulisan lagu).

    "Saya telah membangun karier yang panjang dan sangat sukses dengan menulis lagu-lagu orisinal untuk diri saya sendiri dan artis ternama lainnya," kata Ed Sheeran.

    Sebelumnya di 2018, Sheeran dan penulis lagu lainnya dalam kredit juga pernah dituntut tindakan hukum oleh Chokri dan McDaid terkait tuduhan pelanggaran hukum dan royalti sehubungan dengan dugaan pelanggaran dalam lagunya 'Photograph'.

    Editor Team

    COMMENT