Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 25 2022

    Gitar Kidal Legendaris Kurt Cobain Laku Terlelang Seharga Hampir Rp 66 Miliar

    Kawula Muda, mau juga gak nih punya gitar legendarisnya Kurt?

    Kurt Cobain, Nirvana. (ROLLINGSTONE)

    Gitar elektrik Fender Mustang 1969 milik Kurt Cobain saat membawakan ‘Smells Like Teen Spirit’ laku terjual melalui lelang seharga hampir 5 juta dolar AS.

    Mengutip laporan dari Variety, gitar tersebut merupakan gitar kidal yang cukup langka. "Saya kidal. Dan itu tidak terlalu mudah untuk menemukan gitar kidal dengan harga terjangkau dan berkualitas tinggi. Tapi dari semua gitar di seluruh dunia, Fender Mustang adalah favorit saya. Saya hanya memiliki dua dari mereka," kata mendiang Kurt.

    Gitar Kurt CobainGitar Kurt Cobain yang dipakai dalam video musik 'Smells Like Teen Spirit' terjual dengan harga 5 juta dolar Amerika Serikat. (DOK. ROBYN BACK)


    Gitar itu dilelang di Julien's Auctions pada 22 Mei kemarin. Gitar tersebut dikabarkan terjual seharga 4,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 65,9 miliar. Angka tersebut jauh melebihi perkiraan yang semula sebesar 600 ribu dolar AS atau sekitar Rp 8,7 miliar.

    Untuk mendukung Bulan Kesadaran Kesehatan Mental, keluarga Kurt Cobain pun menyumbang sebagian dari hasil penjualan gitar dan barang-barang Kurt lainnya ke Kicking The Stigma.

    "Lelang sekali seumur hidup ini telah menjadi salah satu hak istimewa terbesar dalam karier profesional saya dan saya sangat senang bahwa hasilnya juga akan membawa perhatian yang sangat dibutuhkan untuk kesadaran kesehatan mental," kata Darren Julien selaku presiden dan CEO Julien's Auctions.

    Sebelumnya, sedan 4 pintu Kurt Cobain tahun 1965 'Baby Blue' Dodge Dart 170 juga diketahui telah terjual seharga 375 ribu dolar AS atau sekitar Rp 5,4 milyar. Karya seni dek skateboard Iron Maiden 'Killers' 1985 yang digambar sendiri oleh Kurt juga dijual dengan NFT tambahan senilai 35.200 dolar AS atau sekitar Rp 514 juta.

    Editor Team

    COMMENT