Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 09 2022

    Hari Musik Nasional, Ini Rekomendasi 10 Lagu Indonesia Terpopuler Sepanjang Masa

    Lagu favorit kamu sendiri apa nih, Kawula Muda?

    Lagu Indonesia terpopuler sepanjang masa. (Wallpaperflare)


    Setiap tanggal 9 Maret, Indonesia memperingati Hari Musik Nasional. Musik telah menjadi media ekspresi untuk menuangkan ide dan perasaan seseorang.

    Musik di Indonesia sendiri memiliki keragaman mulai dari musik tradisional hingga modern. Dari berbagai aliran musik ini, terdapat beberapa lagu Indonesia yang tak pernah lekang oleh waktu dan masih diminati oleh semua kalangan. 

    Berikut ini 10 lagu Indonesia yang bisa kamu nyanyikan sepanjang waktu.

    1. Badai Pasti Berlalu

    Album ini menjadi masterpiece tonggak musik pop di Indonesia. Terlebih lagi lagu ‘Badai Pasti Berlalu’ Chrisye pada 1997 masuk ke peringkat pertama, di dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik yang dirilis majalah Rolling Stone Indonesia bulan Desember 2007. 

    2. Dealova

    ‘Dealova’ adalah lagu yang dibawakan penyanyi Once Mekel. Lagu ini dirilis pada 2005 sebagai soundtrack dari film berjudul sama garapan sutradara Dian W. Sasmita. 

    3. Kenangan Terindah

    Berdiri tahun 2003, ‘Kenangan Terindah’ berhasil melejitkan nama Samsons, terutama vokalis mereka pada saat itu, Bambang Reguna Bukit yang lebih dikenal dengan nama Bams Samsons. ‘Kenangan Terindah’ berhasil meraih nominasi Anugerah Music Indonesia (AMI) Awards untuk kategori Best Pop Song.

    4. Lilin-lilin Kecil 

    ‘Lilin-lilin Kecil’ merupakan lagu yang ditulis James F Sundah dan adiknya Linda dalam untuk Lomba Cipta Lagu Remaja yang diselenggarakan Radio Prambors pada tahun 1977. Kemudian, Chrisye dipilih untuk menyanyikan lagu ini, karena karakter suaranya yang halus. Rolling Stone Indonesia menempatkan ‘Lilin-lilin Kecil’ pada peringkat ke-13 sebagai lagu terbaik sepanjang masa.

    5. Bento

    Salah satu single yang masuk ke dalam daftar 150 Lagu Indonesia Terbaik versi Majalah Rolling Stone edisi #56. Diciptakan oleh mendiang Naniel Yakin, lagu ini dinyanyikan oleh Iwan Fals dan masuk ke dalam album kolaborasi musisi Indonesia yang bertajuk Swami, rilis pada tahun 1989.

    6. Bendera

    Lagu yang berjudul ‘Bendera’ ini adalah lagu yang dinyanyikan oleh band Cokelat yang dirilis pertama kali pada tahun 2001 yang lalu. Meski sudah terbilang lama, namun, lagu ini masih sering diputar pada saat momen kebangsaan, khususnya setiap 17 Agustus.

    7. Terlalu Manis

    Lagu ‘Terlalu Manis’ tentunya sudah tidak asing lagi di telinga pencinta musik Indonesia. Lagu tersebut dibawakan grup musik beraliran rock, Slank. Meskipun dirilis tahun 1991, rasanya tidak ada yang tidak mengenal Slank dan lagu ‘Terlalu Manis’.

    8. Salah

    ‘Salah’ merupakan lagu yang diciptakan dan dipopulerkan grup musik Potret. Lagu yang dirilis pada 1997 ini menjadi salah satu single Potret dari albumnya berjudul 'Potret II'.

    9. Akad

    Payung Teduh selalu berhasil membuat para penggemarnya dekat dengan lagu-lagu mereka. Pasalnya, lagu-lagu yang dirilis oleh Payung Teduh ternyata terinspirasi dari pengalaman pribadi rekan-rekan Payung Teduh sendiri. Salah satunya adalah ‘Akad’, lagu dibuat untuk menyentil pasangan-pasangan yang enggan untuk membicarakan tentang pernikahan. 

    10. Sepatu

    Lagu dari penyanyi asal Indonesia, Tulus bercerita tentang dua orang yang saling menyukai, tetapi tidak bisa bersatu. Tulus mengibaratkan hubungan tersebut sebagai sepasang sepatu. Sepasang sepatu harus selalu dipakai bersamaan, tetapi nyatanya tidak akan pernah bisa bersatu.

    Editor Team

    COMMENT