Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 11 2021

    Iringi “Solar Power”, Lorde Rilis EP Kejutan Berbahasa Māori “Te Ao Mārama”

    Kawula Muda, seluruh pendapatan dari album ini akan didonasikan, lho!

    Lorde, penyanyi dan penulis lagu asal Selandia Baru. (TWITTER/APPLE MUSIC)

    Belum hilang euforia penggemar terhadap album terbarunya, “Solar Power”, Lorde kembali muncul dengan kejutan baru.

    Tanpa isyarat apapun, penyanyi sekaligus penulis lagu asal Selandia Baru itu merilis EP kejutan berjudul “Te Ao Mārama”.

    EP ini muncul pada Kamis (09/09/2021) sebagai pendamping “Solar Power”, dengan menampilkan lima lagu dari album terbaru Lorde tersebut. Kelima lagu sepenuhnya dinyanyikan dalam bahasa Māori, bahasa penduduk asli Selandia Baru.

    Lagu-lagu tersebut terdiri dari Te Ao Mārama (Solar Power), Mata Kohore (Stoned at the Nail Salon), Hine-i-te-Awatea (Oceanic Feeling), Te Ara Tika (The Path), dan Hua Pirau (Fallen Fruit).

    Lorde menggarap EP ini dengan bantuan dari penyanyi veteran Selandia Baru yaitu Bic Runga dan Marlon Williams.

    “Banyak hal yang terungkap secara perlahan ketika aku membuat album ini. Tapi realisasi utamanya sejauh ini adalah bahwa sebagian besar sistem nilai terkait menjaga dan mendengarkan alam, berasal dari prinsip-prinsip tradisional Māori,” terang musisi berusia 24 tahun itu tentang EP terbarunya.

    “Ada satu kata yang mewakili itu dalam te reo (bahasa Māori), yaitu kaitiakitanga, yang berarti 'perwalian atau pemeliharaan langit, laut, dan darat'. Aku bukan orang Māori, tetapi semua orang Selandia Baru tumbuh dengan elemen-elemen dari ideologi mereka,” lanjutnya.

    Sebagai seorang Kiwi atau penduduk Selandia Baru, Lorde betul-betul menyadari statusnya sebagai public figure global, dan terus-menerus mewakili tanah airnya.

    “Ketika membuat album ini, album tentang dari mana aku berasal, penting bagiku untuk mengatakan bahwa (album) inilah yang menunjukkan siapa kita sebenarnya. Dan (bahasa Māori) adalah bahasa yang sangat indah, jadi aku suka menyanyikan lagu dalam bahasa itu,” kata perempuan bernama Ella Marija Lani Yelich-O’Connor menambahkan.

    Semua pendapatan dari EP baru tersebut akan diserahkan ke lembaga amal di Selandia baru, untuk kemudian disumbangkan ke organisasi Forest And Bird dan Te Hua Kawariki Charitable Trust yang berbasis di negara tersebut.

    Dengarkan EP terbaru Lorde “Te Ao Mārama” berikut ini:


    Editor Team

    COMMENT