Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 15 2022

    Mengungkap Sosok Misterius Sephia dalam Lagu Sheila On 7

    Kawula Muda, pernah dengar kisah misteri tentang "Sephia"?

    Ilustrasi Sheila On 7 Ketika di atas panggung dalam acara Lemari music sebelum pandemic (Instagram/sheilaon7)


    Kawula Muda, merayakan 27 tahun Sheila on 7  di 2023 dalam bermusik, konser “Tunggu Aku di...” siap digelar di beberapa kota besar. Konser Sheila on 7 ini tentu menghebohkan Warganet, terutama para Sheilagank (sebutan untuk para penggemar) yang telah menunggu lama konser tunggal salah satu band paling populer di Indonesia tersebut.

    Kembalinya Sheila on 7 turut membuat Warganet bernostalgia dengan tembang kenamaan mereka. Tidak hanya membawa perasaan nostalgia yang kental, lagu-lagu Sheila on 7 rupanya sukses mengingatkan banyak orang dengan beberapa kisah di baliknya.

    Salah satunya “Sephia”, sebuah lagu yang memiliki kisah mistis yang terkenal dan membekas hingga sekarang. Lagu yang terdapat dalam album Kisah Klasik Untuk Masa Depan ini memang memiliki nada dan lirik yang mendayu.


    "Slamat tidur kekasih gelapku, oh Sephia…

    Semoga cepat kau lupakan aku..."

    Bunyi baris pertama bagian refrain lagu “Sephia” tersebut menggambarkan seseorang bernama Sephia yang namanya kerap disebut sepanjang lagu. Faktanya, Sephia memang nama seseorang yang menjadi latar belakang lahirnya lagu ini, Kawula Muda.

    Kisah Misterius Dibalik Lagu “Sephia”

    eross candraEross Candra, Gitaris Sheila on 7, pencipta lagu "Sephia" (INSTAGRAM/erosscandra)

    Kisah dibalik lagu “Sephia” sendiri diceritakan oleh Eross, gitaris Sheila on 7 sekaligus pencipta lagu ini. Menurutnya, pada suatu malam di kala dirinya tengah memainkan gitar sendirian di rumah, telepon rumahnya berdering, Kawula Muda.

    Eross kemudian mengangkat telepon dan mendengar suara seorang wanita. Sosok wanita bersuara riang tersebut mengaku bernama Sephia. Hal ini dirasa aneh oleh Eross dikarenakan Eross tidak mengenal seseorang bernama Sephia dalam hidupnya.

    Dalam perbincangan di telepon tersebut, Sephia mengaku bahwa dirinya merupakan penggemar berat Sheila on 7. Lebih lanjut, Sephia juga mengaku bahwa dirinya mendapat nomor Eross dari salah satu temannya yang juga penggemar Sheila on 7.

    Tidak sampai di situ, Sephia juga mengatakan dirinya membuat sambungan telepon melalui telepon umum di depan rumah Eross. Didorong oleh rasa penasaran, Eross kemudian berlari ke luar rumah untuk memastikan keberadaan Sephia.

    Dalam pengakuannya, Eross tidak menemukan siapa pun di dalam bilik telepon umum di depan rumahnya, Kawula Muda! Tidak hanya itu, Eross bahkan melihat gagang telepon umum yang berada tepat di seberang rumah Erros tersebut tampak melayang-layang dengan sendirinya.

    Kejadian tersebut diakui oleh Eross sangat terekam jelas dalam ingatannya dan membuat Eross mencari tahu, siapa Sephia sebenarnya?

    Sosok Sephia jadi inspirasi Eross buat lagu

    Berangkat dari kejadian tersebut, lagu "Sephia" pun lahir. Bertahun-tahun sudah lagu tersebut rilis, hingga kini "Sephia" masih jadi andalan orang-orang yang bimbang dalam hubungan asmara.

    Lagu ini juga jadi salah satu favorit para personil Sheila on 7 sendiri. Sampai-sampai, dalam beberapa konser, Eross terlihat menggunakan gitar dengan tulisan “I Love Sephia” di belakangnya. Eross juga kerap mengangkat gitar tersebut setelah Sheila on 7 membawakan lagu “Sephia”.

    Eross dan gitar SephiaEross dan gitar Sephia (Twitter/erosscandra)

     

    Prank, Klarifikasi, dan “Sephia” Kini

    via GIPHY

    Kisah yang populer tahun 2000-an ini sontak membuat berbagai hal mengenai “Sephia” menjadi populer. Pada masanya, anak-anak muda kerap membuat prank “Sephia” dengan menelepon teman mereka di wartel sembari memutarkan lagu “Sephia”. Nantinya, pihak yang menelepon akan mengatakan bahwa dirinya merupakan ‘kekasih gelap’.

    Ramainya kisah mengenai “Sephia” juga turut mengundang berbagai pertanyaan dari berbagai kalangan. Salah satunya, wawancara Sheila on 7 dalam tayangan Tonight Show tahun 2014 yang dijawab oleh Duta dan Eross, personil Sheila on 7.

    Menanggapi pertanyaan mengenai "Sephia", menurut mereka “Sephia” merupakan kisah mengenai perselingkuhan yang tidak akan menemukan jalan keluar. Duta, vokalis Sheila on 7 berharap bahwa para pendengar akan menerima sebuah pesan bahwa tidak ada pembenaran dalam perselingkuhan. Sedangkan Eross mengatakan bahwa Sephia merupakan kiasan, yaitu “Wah, selingkuhan kalau dikasi nama lucu kelihatannya.”

    Hingga kini, lagu “Sephia” masih menggema dalam berbagai acara, tempat, dan juga momen-momen Warganet. Seolah tidak lekang oleh waktu, “Sephia” memiliki cerita tersendiri bagi para pendengarnya.

    Kawula Muda, lo mau dengar "Sephia" versi live dari Sheila On 7 di konser "Tunggu Aku di Jakarta" 28 Januari 2023 mendatang gratis dari Prambors? Ikuti kuis 30 Hari Mencari Sheila di Instagram Prambors dari tanggal 14-20 Desember 2022. Let's go ke Instagram Prambors sekarang, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT