Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 30 2022

    NOAH Gunakan Teknologi Deep Fake untuk Video Musik “Kota Mati”

    Kawula Muda, di video musiknya aktris Ladya Cheryl kembali muncul.

    Grup musik asal Indonesia, Noah. (TWITTER)


    Band NOAH akan menggunakan teknologi deep fake untuk pembuatan video musik dari lagu Kota Mati. Band yang digawangi oleh Ariel, Lukman, dan David ini mengatakan bahwa lagu Kota Mati akan menjadi bagian dari album “Hari Yang Cerah” dan video musiknya adalah prekuel dari video Tak Ada yang Abadi.

    “Ada yang beberapa lagu yang aransemennya sebenarnya belum lengkap, salah satunya 'Kota Mati', makanya 'Kota Mati' yang ini sudah seperti apa yang kami inginkan,” kata Ariel.

    Melansir dari antaranews, teknologi deep fake dipakai untuk menghadirkan kesan serupa seperti era Tak Ada yang Abadi, sehingga Ariel dan rekan-rekannya bisa terlihat seperti bertahun-tahun lalu.

    “Teknologi yang dipakai adalah deep fake, mesh tracking, XR virtual production. Butuh beragam teknologi untuk mendapatkan kesan di era tersebut,” ungkap sutradara video klip Kota Mati Upie Guava dalam konferensi pers, Senin (29/08/2022).

    Video klip Kota Mati dibintangi oleh aktris Ladya Cheryl yang berperan sebagai seorang gadis penggemar berat Ariel. Dia memiliki dunia imajiner sendiri yaitu berupa kota kosong yang isinya hanya dia dan Ariel.

    Ladya digambarkan selalu berada di garis depan saat menonton konser dan terlihat seperti memiliki keterikatan batin dengan Ariel. Namun, dia merasa kecewa ketika harus menghadapi dunia nyata di mana Ariel tidak mengenalinya.

    Dia lalu menyingkirkan semua manusia, termasuk Ariel yang asli, dan memilih untuk hidup bahagia bersama idola imajinernya.

    Teknologi mesh tracking digunakan oleh sang sutradara karena Ladya Cheryl berdomisili di Amerika Serikat dan tidak bisa ikut berpartisipasi secara langsung dalam proses syuting video musik.

    Upie kemudian mencari pemeran pengganti, lalu mengubah wajahnya dengan ekspresi Ladya menggunakan perangkat virtual.

    “Dengan NOAH, saya bisa eksplorasi segala sesuatu yang belum pernah dilakukan,” kata Upie tentang kerja samanya bareng NOAH kali ini.

    Kota Mati adalah lagu yang dirilis pada 2008 dan diangkat kembali oleh NOAH karena belum memiliki video musik sebelumnya.

    “Diproduksi lagi murni karena saat proyek rekam ulang lagu Peterpan, kalau bikin video klip kami putuskan harus lagu yang belum punya video klipnya,” kata Ariel.

    Ia lalu menambahkan bahwa sejak dulu Kota Mati sudah menjadi kandidat kuat lagu yang akan dibuatkan video musiknya.

    Peluncuran video musik Kota Mati menjadi bagian dari rangkaian menuju konser mereka yang diberi judul DekadeXperience.

    Konser ini menjadi salah satu rangkaian perayaan 10 tahun NOAH yang rencananya digelar pada 17 September 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

    Ariel menjanjikan bahwa saat konsernya nanti NOAH akan menyanyikan kurang lebih 30 lagu.

    Langsung simak video musik dari Kota Mati yang sudah diunggah oleh NOAH dalam kanal YouTube mereka.


    Editor Team

    COMMENT