Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 27 2022

    OneRepublic Rilis Single Baru “West Coast”, Kok Mirip dengan Lagu U2 “Summer of Love”?

    Kawula Muda, kalau menurut kalian mirip enggak?

    OneRepublic, pop rock band Amerika. (TWITTER/ONEREPUBLIC)

    Menjelang konser tur Never Ending Summer, OneRepublic membagikan single baru berjudul West Coast pada Jumat (25/02/2022).

    Melalui lagu ini, Ryan Tedder dan kawan-kawan menceritakan tentang impian mereka untuk melarikan diri dari pahitnya kehidupan dengan menikmati hangatnya suasana di wilayah West Coast, Amerika Serikat, khususnya di wilayah Los Angeles, California, seperti yang disajikan dalam lirik: “Sometimes you gotta run from a broken heart / Before I turn into a ghost, need a brand new start / Get myself headed to the coast, man, it ain’t that far / Yeah, they got sun in LA and some shinin’ stars.”

    West Coast hadir dengan video musik yang disutradarai oleh Tomás Whitmore, orang yang sebelumnya menggarap visual untuk single OneRepublic tahun lalu, Run.

    Klip terbaru menunjukkan Ryan Tedder melakukan perjalanan imajinatif ke beberapa tempat menarik sambil mengendarai mobil Cadillac convertible. Sepanjang perjalanan palsunya, ia hanya mengikuti jalur yang dibuatnya sendiri melalui tablet, termasuk menyusuri pantai, tebing, hingga ke luar angkasa.


    Sebagian dari kalian mungkin merasa bahwa lagu ini terdengar familiar. Ya, lagu ini memang memiliki kemiripan dengan lagu Summer of Love milik U2, dari album “Song of Experience”.


    Ryan Tedder, sang vokalis utama OneRepublic sebelumnya pernah bekerja sama dengan U2 untuk mengerjakan album “Songs of Experience” (2017) dan “Songs of Innocence” (2014).

    Saat itu, OneRepublic sebenarnya sudah mulai mengerjakan lagu West Coast. Lagu tersebut rencananya akan dimasukkan ke album keempat OneRepublic, “Oh My My”, yang dirilis pada 2016, namun akhirnya tertahan.

    Saat rekaman bersama dengan U2, Ryan membagikan lagu tersebut kepada mereka dan akhirnya U2 meminjam bagian hook lagu West Coast, yang kemudian dipakai di lagu Summer of Love. Pada lagu Summer of Love, nama Ryan Tedder dikreditkan sebagai produser bersama dengan Brent Kutzle, bassist dari OneRepublic.

    Kemiripan lain antara West Coast dan Summer of Love juga terdapat pada lirik, khususnya satu baris pertama di bagian chorus. Pada lagu Summer of Love lirik tersebut berbunyi “I’ve been thinking about the West Coast”, sedangkan pada West Coast diubah sedikit menjadi “I’ve been dreaming about the West Coast”.

    Di luar bagian chorus, lirik keseluruhan antara kedua lagu sangatlah berbeda. Lagu U2 mengacu pada konfilk Suriah dan Mediterania, sedangkan lagu OneRepublic hanyalah semacam selebrasi untuk California.

    Editor Team

    COMMENT